Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2024

Pelatihan Human Relation: Excellent Service pada 30 Tenaga Kependidikan, Rektor Minta Pelayanan Makin Prima

Pelatihan Human Relation: Excellent Service pada 30 Tenaga Kependidikan, Rektor Minta Pelayanan Makin Prima

IAIN Palopo, Humas – Upaya meningkatkan pemberian layanan yang berkualitas kepada Pengguna Layanan (stakeholders). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo terus berupaya untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi penerapan budaya pelayanan prima.

Melalui Pelatihan Human Relation: Excellent Service “IAIN smart Berbasis Holistic Service” pada 30 orang Tenaga Kependidikan, bekerja sama Macca Indonesia Foundation di Hotel Agro Wisata Palopo, Sabtu-Ahad, 14-15 Oktober 2023.

Rektor IAIN Palopo Dr Abbas Langaji MAg saat membuka kegiatan bercerita berbagai pengalaman. Bahwasanya dalam berinteraksi sesama manusia banyak hal dapat diperhatikan pada aspek layanan. Bagaiman konsep pelayanan yang baik yang kita jumpai harus dipahami dan dimulai dengan kedisiplinan, baik disiplin waktu, berpakaian maupun berbicara.

Contoh disiplin berbicara kata Rektor, adalah berbicara sewajarnya sesuai otoritas atau sesuai yang telah diperintahkan, “salah satu masalah yang sering muncul dalam lingkungan kerja adalah tidak disiplin bicara. Disiplin berbicara ini artinya, tidak semua bisa dibicarakan, yang bukan otoritas kita” ucap Rektor.

Terpisah dari itu, Rektor meminta melalui pelatihan ini, para peserta memaknai dan mewujudkan layanan PRIMA. Kata PRIMA yang dijabarkan rektor, yaitu;

(P) Profesional, konteks profesional ini kata Rektor adalah tidak sembarang mengurusi urusan yang bukan tugas dan fungsinya.
(R) Responsif, pegawai harus responsif baik pada kebutuhan informasi, komunikasi khususnya pada tugas dan fungsinya, “tidak menunggu perintah apa yang menjadi tugasnya dan tidak menunggu komplain baru kita mau melayani” tambah Rektor.

(I) Inovatif, pegawai selalu inovatif.
(M) Menyenangkan, pelayanan yang baik adalah pelayanan yang menyenangkan. Sekalipun orang yang dilayani keinginannya tidak terpenuhi.
(A) Akuntabel, apapun yang dilakukan bisa dipertanggungjawabkan kepada siapa saja.

“Setelah pelatihan ini, kita mau lihat apakah ada perubahan. Meskipun beberapa respon di luar layanan kita makin baik. Untuk itu selaku pimpinan saya menyampaikan terima kasih pada semuanya. Mau, bersama mewujudkan pelayanan terbaik” imbuh Rektor.

Direktur MIND Haeril Al-Fajri, SSos MM, menyampaikan terima kasih pada IAIN Palopo atas kerja sama dan kepercayaan diberikan MIND. Pelatihan yang digelar ini, kata Haeril cukup penting di era FUCA. Selain itu, Excellent Service diwajibkan bagi lembaga vertikal pemerintah.

Koordinator Kepegawaian IAIN Palopo Kaimuddin SAg MPd, menyebutkan pemateri pelatihan ini adalah. Pertama, dibawakan langsung oleh Rektor tentang IAIN Smart. Kedua, Excellent Service oleh Ibu St. Dwi Adiyah Pratiwi MH MAP Kepala Ombudsman RI perwakilan Sulsel dan materi public speaking oleh Haeril Al-Fajri.

Khaedir Al-Maskati MPd salah satu peserta mengaku, pelatihan yang diikutiya sangat baik. Menambah spirit dalam pelayanan, “terima kasih pada bapak Rektor. Kegiatan pelatihan seperti ini sangat penting sekali khususnya kami di bagian pelayanan” ucap salah satu staf Perpustakaan itu. (Jf)

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *