Tentang Kampus
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo adalah Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri di Palopo provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Dahulu dikenal sebagai Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo dan menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri di Kota Palopo.


























IAIN Palopo terletak di Kelurahan Balandai, Kecamatan Bara, Kota Palopo. Lokasi yang strategis, yaitu berada di pusat Kota Palopo, membuat akses untuk ke kampus ini sangat mudah. Tersedia banyak pilihan transportasi umum, seperti angkot dan ojek yang rutenya melewati Kampus IAIN Palopo. Akses menuju Kota Palopo pun sangat mudah. Melalui tiga jalur transportasi yakni, transportasi darat dari tiga penjuru, gerbang utama di sebelah Selatan dari Kota Makassar dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Luwu, sebelah Barat dari Kabupaten Tana Toraja dan sebelah Utara dari Kabupaten Luwu Utara. Transportasi laut melalui Pelabuhan Tanjung Ringgit. Dan saat inipun Kota Palopo dapat diakses melalui dua bandara perintis yaitu Bandara A. Djemma di Masamba dan Bandara Lagaligo di Bua.

Saat ini IAIN Palopo memiliki 17 Program Studi dari 4 Fakultas dan 3 Program Studi Pascasarjana. Jumlah mahasiswa saat ini sebanyak 8000 orang yang berasal dari berbagai daerah di sekitaran Kota Palopo seperti, Kab. Luwu, Kab. Luwu Utara, Kab. Luwu Timur, Kab. Tana Toraja hingga di Provinsi Sulawesi Tenggara dan Barat.


Tentang Rektor
Dr. Abdul Pirol, M.Ag.
Periode 2014 – 2019
Periode 2019 – 2024
17
Prodi S1
3
Prodi S2
174
Dosen Tetap
8000+
Mahasiswa
Visi
Terkemuka dalam Integrasi Keilmuan berciri Kearifan Lokal.

Misi
Menyelenggarakan Pendidikan Tinggi dan mengembangkan integrasi keilmuan yang berkualitas dan profesional yang berciri kearifan lokal;Mengembangkan bahan ajar berbasis penelitian yang bermanfaat bagi kepentingan akademik dan masyarakat;Meningkatkan peran institusi dalam pembangunan kualitas keberagamaan masyarakat dan penyelesaian persoalan kemasyarakatan dengan mengedepankan keteladanan, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kearifan lokal;Mengembangkan kerja sama lintas sektoral, dalam dan luar negeri untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.
Fasilitas Kampus
Perpustakaan
Perpustakaan hadir untuk menunjang kurikulum dengan menyediakan informasi dan bahan pustaka yang memadai untuk mahasiswa dan dosen sehingga program akademik dapat dilaksanakan secara efektif serta membantu melestarikan karya ilmiah civitas academika seperti, tugas akhir, skripsi, tesis, disertasi, prosiding dan lain-lain.
Auditorium
Auditorium adalah gedung yang desain bangunannya menjunjung tinggi nilai kearifan lokal, berbentuk perahu pinisi serta letak lokasinya di lingkungan yang representative dan mudah diakses dari berbagai penjuru Kota Palopo, mempunyai fasilitas cukup memadai, seperti ketersediaan listrik, pendingin dan lahan parkir yang cukup luas dan nyaman serta multifungsi yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan antara lain: Wisuda mahasiswa IAIN Palopo, berbagai seminar, pagelaran musik, temu alumni, pertemuan Dharma Wanita, pengukuhan guru besar, asesmen dan berbagai keperluan lainnya.
Asrama Mahasiswa
Asrama Mahasiswa yang terdiri dari Asrama Putra dan Asrama Putri menyediakan hunian yang layak dan kondusif, menyelenggarakan kegiatan untuk pengembangan kepribadian, peningkatan kedisiplinan mahasiswa, serta meningkatkan kepedulian sosial, nilai-nilai moralitas dan spiritualitas.
Masjid
Penyediaan sarana ibadah bagi seluruh civitas akademika IAIN Palopo dan dapat diguanakan oleh lingkungan sekitar sebagai bentuk social responsibility.
Sarana Olahraga
Fasilitas olahraga IAIN Palopo berupaya untuk memberikan kontrisbusi nyata dalam layanan fasilitas olahraga kepada stakeholder khususnya meningkatkan prestasi olahraga mahasiswa dan meningkatkan perawatan sarana dan prasarana olah raga yang berkesinambungan. Fasilitas olahraga antara lain; Lapangan Tenis, Lapangan Bulutangkis, Lapangan Takraw dan Tenis Meja.
Certifications
Quod mazim olacerat facer prossim assum.