Pendaftaran Ulang PMB Jalur UM-PTKIN, Mandiri Prestasi Non Akademik dan Mandiri Afirmasi 2024

Program Studi MBS IAIN Palopo Dorong Usaha Kecil Mikro di Berbagai Daerah Menuju Era Digital

Program Studi MBS IAIN Palopo Dorong Usaha Kecil Mikro di Berbagai Daerah Menuju Era Digital

Program Studi MBS IAIN Palopo Dorong Usaha Kecil Mikro di Berbagai Daerah Menuju Era Digital

Palopo (Humas) – Program Studi Manajemen Bisnis Syariah IAIN Palopo (MBS) FEBI IAIN Palopo sukses melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat melibatkan 13 mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam mendampingi berbagai usaha lokal di beberapa daerah, termasuk Kecamatan Burau, Desa Bolong di Kecamatan Walenrang Utara, Desa Salubarani, dan Kota Palopo,

Di bawah bimbingan Dr Adzan Noor Bakri MAk, program ini bertujuan untuk memberdayakan usaha kecil dan mikro dalam memanfaatkan aplikasi bisnis digital, berlangsung dari tanggal 5 – 25 Juni 2024.

Adapun, Selama program berlangsung, berbagai usaha kecil dan mikro dari berbagai sektor mendapatkan pendampingan intensif. Salah satunya adalah Khatas Hijab di Kecamatan Burau, yang difokuskan pada pembuatan akun bisnis digital serta pelatihan pembuatan konten untuk promosi produk jilbab.

Pemilik usaha khatab hijab, ika mengungkapkan rasa syukurnya dikarenakan Pendampingan ini sangat membantu dalam memahami cara memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan penjualan, merasa lebih percaya diri untuk mempromosikan produk saya secara online.

Nurul Umaya, pemilik Mayy Floristt di Desa Bolong, Kecamatan Walenrang Utara, juga merasakan manfaat besar dari program ini, ia diajarkan cara mengoptimalkan akun WhatsApp Bisnis, Instagram, dan TikTok untuk mempromosikan produk buket saya. Hasilnya, penjualan meningkat dan dapat berinteraksi lebih efektif dengan pelanggan.

Program ini tidak hanya membantu usaha di sektor fashion dan florist, tetapi juga bengkel motor seperti Arul Sanjaya Motor di Desa Salubarani. Agus Roanto, pemilik bengkel, menyatakan, “Pendampingan ini membantu saya memahami cara memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan efisiensi operasional dan menarik lebih banyak pelanggan. Saya merasa lebih siap menghadapi tantangan bisnis di era digital.”tuturnya

Selain itu, usaha trofi dan medali UL TRHOPY di Kota Palopo juga merasakan dampak positif dari pendampingan ini. Menurut Muhammad Syaifullah, dengan bantuan mahasiswa sekarang lebih mudah mempromosikan produk melalui katalog digital dan fitur pesan otomatis di WhatsApp Bisnis, memudahkan dalam menjangkau pelanggan.

Adzan Noor Bakri, dosen yang memimpin program ini, memberikan testimoni mengenai keberhasilan program.

“Kami sangat bangga dengan antusiasme dan dedikasi mahasiswa dalam membantu usaha kecil dan mikro beralih ke era digital. Program ini tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi para pelaku usaha, tetapi juga memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa dalam menerapkan ilmu yang mereka pelajari di bangku kuliah, berharap program ini dapat terus berlanjut dan memberikan dampak positif yang lebih luas di masa depan.” Harap adzan Noor

Program pengabdian masyarakat ini menunjukkan komitmen Program Studi Manajemen Bisnis Syariah IAIN Palopo dalam mendukung perkembangan usaha kecil dan mikro melalui teknologi digital. Dengan adanya pendampingan ini, diharapkan para pelaku usaha dapat lebih mudah menjangkau pelanggan dan meningkatkan penjualan produk mereka, sehingga mampu bersaing di era digital yang semakin kompetitif. (Humas)

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *