PENGUMUMAN KELULUSAN SPAN-PTKIN 2024

Malam Kedua Ramadan Rektor Sampaikan Ceramah Tarwih di Masjid Agung Palopo

Malam Kedua Ramadan Rektor Sampaikan Ceramah Tarwih di Masjid Agung Palopo

Malam Kedua Ramadan Rektor Sampaikan Ceramah Tarwih di Masjid Agung Palopo

Palopo (Humas) – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo Dr Abbas Langaji MAg bawakan ceramah tarwih malam kedua Ramadan di Masjid Agung Palopo, Selasa, 12 Maret 2024 malam.

Memulai ceramahnya, rektor mengajak ratusan jamaah masjid agung mengucap syukur atas segala nikmat yang diberika Allah Swt. dan bersalawat kepada Nabi Muhammad saw.

Disampaikan rektor puasa adalah perintah wajib dan sebagai ibadah untuk mencapai takwa kepada Allah Swt. sebagaimana firman-Nya dalam QS. Al Baqarah: 183 yang artinya: “Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan bagi kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan pada orang-orang sebelum kalian agar kalian menjadi orang-orang yang bertakwa.”

Rektor menyebutkan keutamaan yang diberikan kepada orang-orang yang berpuasa di bulan Ramadan adalah berupa balasan langsung dari Allah Swt.

Dari Abu Hurairah RA., Rasulullah saw., bersabda: “Allah ‘Azzawajalla berfirman dalam hadits qudsi: “Semua amal perbuatan anak Adam, yakni manusia itu adalah untuknya, melainkan berpuasa, karena sesungguhnya puasa itu adalah untuk-Ku dan Aku yang akan memberikan balasan dengannya. Puasa adalah sebagai perisai dari kemaksiatan serta dari neraka. Maka dari itu, apabila pada hari seseorang di antara engkau semua itu berpuasa, janganlah ia bercakap-cakap yang kotor dan jangan pula bertengkar. Apabila ia dimaki-maki oleh seorang atau dilawan dengan bermusuhan, maka hendaklah ia berkata: “Sesungguhnya saya adalah sedang-berpuasa.”

Menutup ceramahnya Rektor mengingatkan, dalam setiap ibadah punya rukun. Ada pun rukun puasa adalah niat dan menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkannya. Rektor menegaskan niat adalah salah satu rukun yang amat penting dalam semua ibadah.

“Niat sejatinya merupakan penegasan dari ibadah apa yang kita kerjakan. Innamal a’malu binniyat artinya adalah “sesungguhnya segala perbuatan itu tergantung pada niatnya” imbuhnya. (Humas)

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *