PENGUMUMAN KELULUSAN SPAN-PTKIN 2024

Isi Ceramah Tarwih Pertama di Masjid Kampus, Rektor Sampaikan Keutamaan Salat Berjamaah

Isi Ceramah Tarwih Pertama di Masjid Kampus, Rektor Sampaikan Keutamaan Salat Berjamaah

Isi Ceramah Tarwih Pertama di Masjid Kampus, Rektor Sampaikan Keutamaan Salat Berjamaah

Palopo (Humas) – Rasulullah saw bersabda yang artinya “siapa di antara kita yang melaksanakan 1 kewajiban di bulan Ramadan nilainya setara dengan 70 kali ibadah yang sama bila di kerjakan di luar Ramadan” ujar Dr Abbas Langaji, M.Ag saat memulai ceramah setelah salat isya di Masjid Alauddin IAIN Palopo, Senin malam (11/3/2024)

Beberapa menit yang lalu kata Rektor Abbas, kita melaksanakan salat Isya berjamaah, boleh jadi kita menganggap apa yang dilaksanakan itu sama dengan hari sebelumnya, sama dengan bulan sebelumnya. Tapi sesunguhnya di sisi Allah Swt. tanpa kita sadari salat Isya berjamaah yang dilakukan bersama mempunyai nilai yang lebih di sisi Allah Swt. Terlebih lagi dalam bulan Ramadan dimana segala amal ibadah dilipatgandakan.

“Salat berjamaah lebih utama dibanding dilaksanakan sendiri dengan perbandingan 1 : 27 artinya jika salat fardu sendri nilainya 27 kali, baru setara dengan salat berjamaah dimana pun kita berjamaah, di kantor, di rumah apalagi di Masjid” ucapnya.

Sekali melaksanakan alat fardu berjamaah di bulan Ramadan nilainya di sisi Allah Swt. setara dengan satu tahun tiga belas hari kita salat fardu sendirian di rumah, bagaimana jika melaksanakan dua kali alat Fardu berjamaah sangat besar pahalanya apalagi kalau sampai selesai Ramadan dan berjamaah.

Rektor menambahkan, dalam setiap ibadah harus disertai niat, ibadah apapun itu, “jadi niat sebenarnya membedakan apa yang kita lakukan. Amalan kita berarti dan jelas jika kita lakukan dengan berniat. Kenapa harus berniat agar pekerjaan kita jelas” tambahnya.

Ramadan ini kata rektor, harus dipahami sebagai bulan yang penuh kebaikan sebagai kesempatan bagi kita memperbanyak ibadah.

“Ditutupnya pintu neraka artinya meminimalisir perbuatan jahat dan Allah Swt. memerintah kita dengan berusaha membelenggu setan memperbanyak Ibadah di bulan suci Ramadan dan juga memperbaiki niat kita” pungkasnya. (Humas)

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *