03
Jan
2023

IAIN Palopo, Humas – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo menggelar upacara Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77 Kementerian Agama Republik Indonesia di Pelataran Aula Serbaguna IAIN Palopo, Selasa, 3 Januari 2023.

Upacara HAB Kemenag pada tahun ini cukup meriah dan unik, dimana seluruh peserta upacara memakai pakaian adat nusantara, pakaian adat yang beragam yang dikenakan para pegawai itu cukup mewarnai upacara HAB.

Bertindak sebagai Pembina Upacara, Rektor IAIN Palopo, Prof. Dr. Abdul Pirol, M.Ag. dalam amanatnya Rektor menyampaikan pidato seragam Menag RI, Yaqut Cholil Qoumas.

“Pada peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77 tahun ini, saya mengajak kepada seluruh ASN Kementerian Agama untuk memperbaiki niat pengabdian dan pelayanan kepada umat. Jadikan peringatan HAB ini sekaligus sebagai penanda sejarah panjang pengabdian Kementerian Agama dalam melayani seluruh umat beragama di Indonesia,” ucap Rektor pada pidato seragam.

Para ASN Kemenag diajak terus menggelorakan semangat Transformasi Layanan Umat, “Dengan kehadiran aplikasi layanan Kementerian Agama, Pusaka super Apps, telah membuktikan bahwa birokrasi Kementerian Agama RI telah bergerak lebih lincah dan responsive. Beragama inovasi digital terus dilakukan dan ditingkatkan,” lanjutnya.

Menag menegaskan agar seluruh ASN Kemenag mampu mengantisipasi politik identitas dan politisasi agama. Keluarga besar Kementerian Agama, bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat harus terdepan dalam membina dan membangun suasana rukun dan damai agar perjalanan dan tahapan Pemilu dapat dinikmati sebagai pesta demokrasi dalam pengertian yang sesungguhnya. Untuk itu, semangat merawat kerukunan umat harus digelorakan seluruh ASN Kementerian Agama.

Sesi akhir upacara, Rektor menyematkan Satyalancana Karya Satya kepada ASN yang telah mengabdi 10, 20 dan 30 tahun, juga menyerahkan SK kenaikan pangkat kepada pegawai dan SK Pensiun. Turut hadir pada upacara tersebut para purnabakti dan DWP IAIN Palopo.

Leave a Reply

Works with AZEXO page builder