15
Sep
2022

IAIN Palopo, Humas – Mengawali tahun akademik 2022/2023, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palopo menggelar kuliah umum yang dirangkaikan dengan workshop inkubator bisnis optimalisasi bagi mahasiswa baru angkatan 2022/2023. Kegiatan dilaksanakan di gedung Auditorium Phinisi IAIN Palopo dan Palopo Beach Hotel. (Selasa, 13/09/2022)

Sebelum kuliah umum dimulai, dilakukan penandatangan MoU antara IAIN Palopo yang ditandatangani langsung oleh Rektor dengan Kepala Balai Besar Industri Hasil Perkebunan, Mineral Logam dan Maritim (BBIHPMM) dan penandatanganan perjanjian kerja sama antara FEBI dengan BBIHPMM.

Rektor IAIN Palopo, Prof. Dr. Abdul Pirol, M.Ag., dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada para tamu undangan, narasumber dan mahasiswa FEBI. “Kegiatan hari ini merupakan kesempatan luar biasa bagi mahasiswa kami dalam membekali diri terkait wawasan strategi bisnis. Belajar bisnis sangatlah baik, namun jangan lupa untuk tetap menerapkan prinsip syariah.” ucap Rektor.

Wakil Wali Kota Palopo, Dr. Ir. Rahmad Masri Bandaso, M.Si., dalam sambutannya, ia menerangkan bahwa kampus IAIN Palopo merupakan salah satu aset pemerintah dalam pembangunan daerah. Pemerintah perlu bekerja sama dengan institusi pendidikan dalam mewujudkan kota palopo sebagai smart city.

“Kontribusi perguruan tinggi dalam hal ini IAIN Palopo adalah para civitas akademika sebagai sumber daya unggul yang dapat menuntun dan mengarahkan para pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya. Tetap asah potensi adik-adik. Kalian merupakan generasi yang dibutuhkan oleh bangsa.” sambutnya RMB.

Dengan mengusung tema “Business Incubation : A New Strategy to Support Recovery”, kuliah umum tersebut menghadirkan para narasumber hebat, antara lain, Dr. Ir.Rahmad Masri Bandaso, M.Si, Wakil Walikota Palopo, Dr. Setia Diarta, M.T., Kepala Balai Besar Industri Hasil Perkebunan, Mineral Logam dan Maritim (BBIHPMM) dan Prof. Dr. Muhammad Asdar, S.E.,M.Si, Ketua Senat Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Hasanuddin, Dr. Muh. Idham, M.M selaku Koordinator Kemitraan Jasa Industri dan Konsultasi Industri Ketua Inkubator Bisnis Teknologi BBIHP, dan Asmuradi Budi, ST., M.Env.Man, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Palopo.

Adapun materi yang dibawakan meliputi Smart City Berbasis Riset Industri, New Strategy to Support Recovery, dan UMKM Berbasis Riset, Fungsi Kemitraan Pelayanan BBIHPMM tentang Inkubasi Bisnis, dan Peran Pemerintah pada Inkubator Bisnis. Dengan pemaparan materi yang menarik, para peserta melakukan diskusi interaktif bersama narasumber.

Kegiatan kemudian diakhiri dengan penyerahan cendera mata berupa produk hasil olahan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dan foto bersama seluruh peserta kuliah umum. (rls)

Leave a Reply

Works with AZEXO page builder