21
Sep
2021
  • Prof Pirol: IAIN Palopo Siapkan SDM-nya

PALOPO– Wakil Bupati Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah, Dr. H. Najamudin, S.Ag., M.Pd berkunjung di IAIN Palopo, Senin, 20 September 2021. Kedatangannya untuk membahas Rancangan Implementasi Memorandum of Understanding (MoU) Pemkab Morowali dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo yang ditandatangani kedua pihak, beberapa waktu lalu.

Pembahasan berlangsung di Aula Rektorat Lantai III IAIN Palopo. Dipimpin Rektor IAIN Palopo, Prof. Dr. Abdul Pirol, M.Ag. Dihadiri Wakil Rektor (WR) I IAIN Dr. H. Muammar Arafat, S.H., M.H, WR II Dr. Ahmad Syarief Iskandar, S.E.,MM, WR III Dr. Muhaemin, M.A, Sekretaris LP2M Dr. Jufriadi, Dr. Abbas Langaji, Muh Ilyas, dan lainnya.

Menurut Najamudin, Pemkab Morowali kekurangan Sumber Daya Manusia (SDM) guru agama Islam tingkat SD dan SMP, butuh dai pembangunan, tenaga ahli penyelenggaraan jenazah, dan guru Taman Pendidikan Alquran (TPA).

”Melalui kerja sama peningkatan SDM ini, kami mempercayakan kepada IAIN Palopo untuk menyiapkan SDM tersebut,” terang Dr Najamudin.

Ia mengatakan, standar gaji guru honorer Pemkab Morowali yakni Rp2,7 juta untuk guru Terpencil Terbelakang dan Terluar (3T). Sedang yang bertugas di daratan Rp2,3 juta sesuai Upah Minimum Regional (UMR) Pemprov Sulteng.

Sementara Prof Pirol, dalam sambutannya, menyampaikan, sangat bangga dan berterima kasih atas kepercayaan Pemkab Morowali memilih bekerja sama dengan IAIN Palopo dalam rangka pengingkatan SDM Pemkab Morowali, khususnya pada bidang pendidikan dan sosial keagamaan. Ini sebagai wujud implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

IAIN Palopo memiliki alumni militan yang tangguh untuk bekerja atau bertugas di daerah mana pun. Seperti alumni yang aktif di organisasi kampus seperti Pramuka, Resimen Mahasiswa (Menwa), Palang Merah Indonesia (PMI), Mapala, dan lainnya, bisa berkontribusi kepada masyarakat.

”Kalau program ini jalan, tentu akan menggembirakan. Dan PR (Pekerjaan Rumah) kami, LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) yang menjadi leading sektor implementasi kerja sama ini,” terang Rektor Pirol.

Pada sesi tanya jawab, langkah awal dari kerja sama Pemkab Morowali dengan IAIN Palopo yakni menerjunkan mahasiswa KKN di Morowali. Dan untuk memudahkan SDM yang bertugas di Morowali, Pemkab setempat menyiapkan Posko.

Leave a Reply

Works with AZEXO page builder