28
Jul
2021

#KarebaHumas- Hukum Keluarga (HK) Fakultas Syariah (Fasya) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo sukses menggelar acara webinar internasional, Sabtu, 22 Juli 2021. Diikuti kurang lebih 290 partisipan dari berbagai daerah, lokal, nasional dan internasional.

Webinar dengan tema “Religiouns Moderations in Islamic Family Laws: Maqasid Al- Syariah Approach” atau Moderasi Beragama dalam Hukum Keluarga Islam: Perspektif Maqasid Syari’ah. Rektor IAIN Palopo, Prof. Dr. Abdul Pirol, saat membuka acara menyampaikan bahwa topik ini menjadi wacana atau isu penting dan menarik di masa kekinian.

Dimana topik ini selalu dibahas di masa-masa lalu dan masa kini, hal ini menjadi tantangan dan memanggil siapa saja cendikia atau seorang muslim  untuk melihat persoalannya, “salah satu contohnya adalah moderasi beragama ini, jika dibahas, tentu dengan melihat aspek dalam hukum Islam atau ajaran agama.” antar Rektor, sembari membuka acara dan menyampaikan apresiasi pada narasumber dan para partisipan.

Dekan Fakultas Syariah, Dr. Mustaming, pada kesempatan yang sama mengatakan, terselenggranya acara ini diprakarsai Prodi HK, didukung kerja sama institusi dengan stakeholder atau lembaga parthner, tanpa kecuali, para alumni dan keluarga besar Fasya IAIN Palopo.

Ketua Panitia, Dr.Hj. Andi Sukmawati Assaad, mengatakan webinar internasional ini salah satu program kerja Prodi HK, sebagai komitmen Prodi yang maju dan unggul dalam skala nasonal dan internasional, “Peserta dalam webinar ini para mahasiswa Prodi HK IAIN Palopo dan peserta dari berbagai daerah, lokal, nasional dan dari internasional baik mahasiswa dan para praktisinya.” ucap Sukmawati yang juga menjabat sebagai Ketua Prodi Hukum Keluarga IAIN Palopo.

Webinar ini menghadirkan 3 narasumber di bidangnya: Dr. Abdul Rauf Muhammad Amin, LC, MA. Senior Assistant Professor at Kolej University Perguruan Ugama, Seri Begawan, Brunai Darussalam (KUPU) dengan pokok bahasan “Maqasid Syariah: Menegosiasikan Pendekatan Baru dalam Mempromosikan Moderasi Islam dalam Hukum Islam”.

“Narasumber kedua, Prof. Dr. Khoiruddin Nasution MA. Guru besar Universitas Islam Negeri Yogyakarta dan pendiri asosiasi dosen Hukum Keluaraga Islam Indonesia dengan materi “Memahami Pembaharuan Hukum Keluarga Islam Sebagai Cara Memahami Moderasi Beragama dalam Kehidupan Keluarga: Perspektif Maqasid Syariah dan narasumber ketiga, Dr Helmi Kamal, MHI, Wakil Dekan I Fasya IAIN Palopo, materi “Kostruksi Moderasi Hukum Keluarga dari Prespektif Literasi Arab”” lanjut Sukmawati.

Sementara pemandu ketiga narasumber tersebut adalah Dr. Abdul Qadir Zaelani, MA. Dosen Hukum Keluarga Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Acara tersebut berjalan lancar diakhiri sesi tanya jawab. (Humas)

Leave a Reply

Works with AZEXO page builder