19
Jul
2021

#KarebaHumas- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo rutin melaksanakan Upacara peringatan Hari Kesadaran Nasional (HKN) yang dipreringati setiap tanggal 17 di setiap bulannya.

Upacara HKN kali ini, diselenggrakan pada pada 19 Juli 2021 pada hari kerja. Berlangsung secara offline dan online, secara offline di laksanakan di Aula Rektorat lantai III yang dihadiri hanya beberapa petugas pelaksana upacara, seperti Pembina Upacara, Pembacaan Undang-Undang Dasar 1945, Korps Pegawai, pembacaan do’a dan MC. Sementara peserta upacara kurang lebih 200 partisipan mengikuti melalui zoom meeting.

Kali ini Dekan Fakultas Syariah yang diwakili Wakil Dekan (Wadek) I Fakultas Syariah, Dr. Helmi Kamal, bertindak sebagai pembina upacara.

Mengawali amantnya, ia menyampaikan selamat menyambut Idul Adha 1442 H dan apresiasi disampaikan atas terselenggaranya seluruh agenda akademik: berakhirnya semester genap 2021 yang akan difinalisasi input nilai pada Siakad, capaian akreditasi, wisuda dan lainnya.

“HKN ini merupakan momentum bagi kita sebagai upaya menanamkan atau menumbuhkan kesadaran nasional yang dijiwai 4 pilar yakni nilai-nilai Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika, sebagai pondasi terwujudnya SDM yang unggul menuju Indonesia Maju.” ucapnya.

Diingatkannya, bahwa hari ini merupakan hari Arafah, diketahui sebagai hari bersejarah bagi umat muslim, karena itu baiknya kata Helmi, meneladani sosok para Nabi secara umum, khusnya Nabi Muhammad Saw. “Meneladani Nabi Ibrahim sebagai seorang bapak, St. Hajar sebagai ibu dan sosok Ismail sebagai anak.” lanjut Helmi.

Menutup amanatnya, dirinya mengigatkan, di tengah pandemi untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan 5 M: Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan dan Mengurangi Mobilitas dan mengajak segenap keluarga besar IAIN Palopo do’a dan hening cipta atas wafatnya ribuan syahid/syahidah Covid-19 selama 60 detik. (Humas)

Leave a Reply

Works with AZEXO page builder