07
Jul
2021

#KarebaHumas – Sejumlah pengurus lembaga kemahasiswaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo mengikuti sosialisasi Term of Reference (TOR) dan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) yang diselenggarakan oleh Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama IAIN Palopo.

Acara ini bertempat di Hotel Horas dihadiri Para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama dikuti setiap perwakilan lembaga kemahasiswaan dengan mematuhi protokol kesehatan: menggunakan masker, memeriksa suhu tubuh, menyediakan handsanitizer dan menjaga jarak.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama (Warek III), Dr Muhaemin dalam sambutannya saat membuka acara, menyampaikan bahwa tujuan sosialisasi ini diharapkan memberikan output yang maksimal dalam menyelenggarakan kegiatan yang akuntabel dimulai dengan tahap perencanaan atau dengan membuat TOR dan LPJ.

Selain itu perlunya dipahami peraturan atau rambu dan tujuan taerget program yang harus dicapai, dimulai dengan Perencanaan, anggaran dan Laporan Pertanggungjawaban. Hal tersebut sesuai dengan Undang-undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang pengelolaan keuangan negara secara tertib, taat pada peraturan perundang-undangan, efisien, ekonomis dengan memperhatikan rasa keadilan dan kepatuan.

“Penggaran yang baik adalah penggaran yang dilakukan dengan menyesuaikan bahkan mengintegrasikan seluruh perencanaan dan anggaran untuk menghasilkan RKA-KL yang sesuai menurut organisasi, dan jenis belanja.” imbuh Muhaemin.

Narasumber pada acara tersebut: Drs. Nasaruddin, M.Si (Kepala Satuan Pengawas Internal IAIN Palopo), Andi Ziaul Assaad, SE., M.Ak (Fungsional Analisis Perencanaan Keuangan) serta Muh. Abdi Imam, M.Si ( Sekertaris Satuan Pengawas Internal IAIN Palopo).
Peserta Sosialisasi juga diajak cara mengsubmit TOR dan LPJ di sistem manajemen online yang dibuat oleh Satuan Pengawas Internal IAIN Palopo (https://www.sipakainga.spi-iainpalopo.ac.id/). Selain itu beberapa format seperti format TOR dan RAB serta Format LPJ juga telah disediakan di website SPI yang dapat diakses dan didownload kapan saja, link website (https://www.sipakainga.spi-iainpalopo.ac.id/).

Diketahui pada penutupan kegiatan tersebut oleh Dr. Muhaemin, MA selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, didampingi Kasubbag Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama, Arifuddin Tambong, S.E (*).

Leave a Reply

Works with AZEXO page builder