15
Jun
2021

KarebaHumas – Tim Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia melakukan kunjungan dalam rangka audit kinerja penyelenggaraan tugas dan fungsi tahun anggaran 2020 di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

Audit kinerja oleh tim Itjen Kemenag ini berlangsung selama 17 hari, mulai 14-28 Juni 2021. Kedatanganan Tim auditor diterima Rektor di ruang tamunya, kemudian mengawali kegiatan dengan entry briefing dengan para pimpinan IAIN Palopo di Aula Rektorat lantai III, Selasa, 15 Juni 2021.

Entry meeting itu dihadiri Wakil Rektor II, Dr. Ahmad Syarief Iskandar, Wakil Rektor III, Dr Muhaemin, Para Dekan, para Kabag, Kepala Unit dan Ketua Lembaga IAIN Palopo. Rektor IAIN Palopo, Prof. Dr. Abdul Pirol, dalam sambutannya, menyampaikan selamat datang kepada tim auditor Itjen Kemenag RI.

Usai memaparkan selayang pandang IAIN Palopo. Pirol, mengungkapkan IAIN Palopo sepenuhnya siap dalam menyambut audit yang dilakukan Itjen Kemenag.

Menurutnya, selama ini IAIN Palopo telah melaksanakan pengelolaan perguruan tinggi dan bekerja sesuai prosedur dan mekanisme yang berlaku. Audit kinerja oleh Itjen Kemenag menjadi momentum bagi IAIN Palopo untuk melakukan evaluasi terkait kinerja berbasis outcome dan sistem pengelolaan perguruan tinggi.

“Kegiatan ini sangat berarti bagi IAIN Palopo untuk senantiasa melaksanakan pengelolaan pendidikan tinggi dengan baik dan benar, sehingga ke depan IAIN Palopo dapat memperbaiki kekurangan pengelolaan dan meningkatkan kinerja. Dengan kinerja unggul, UIN terwujud,” ucap Pirol saat sambutan entry briefing.

Tim Itjen Kemenag RI beranggotakan sembilan orang, terdiri dari penanggung jawab, pengendali teknis, ketua tim, dan enam orang anggota. Penanggung jawab audit kinerja, Suhersi, Pengendali Teknis, Jufri dan sebagai Ketua Tim, Nurhayati.

Jufri, Pengendali Teknis mengawali sambutannya, menyampaikan terima kasih kepada Rektor dan keluarga besar IAIN Palopo yang telah memfasilitasi kedatangannya bersama tim. “Maksud dan tujuan kami ke IAIN Palopo pertama-tama adalah bersilaturahim, kedua untuk melaksanakan audit kinerja penyelenggaraan tugas dan fungsi tahun anggaran 2020.” paparnya.

Menjurut Jufri, kegiatan ini berlangsung kurang lebih 10 hari ke depan dan diharapkannya dari beberapa indikator penilaian itu terlaksana dengan baik sehingga outcamnnya ke depan IAIN Palopo menjadi salah satu kampus yang dipertimbangkan dan menjadi pilihan terbaik masyarakat di Tana Luwu.

Ketua Tim Auditor, Nurhayati, memaparkan sasaran audit kinerja yang akan dilakukan menyeluruh di IAIN Palopo terdiri dari beberapa aspek, yaitu: 1) sistem perencanaan pengelolaan perguruan tinggi; 2) penyusunan program kerja; 3) sistem penyusunan anggaran; 4) pembagian tugas dan pengelolaan SDM; 5) sistem manajerial; 6) pengelolan anggaran; 7) pengelolaan kepegawaian dan tata laksana; 8) kegiatan pendidikan dan pengajaran; 9) kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat; 10) pengelolaan kemahasiswaan; 11) evaluasi dan pelaporan; dan 12) pencapaian hasil (outcome).

“Guna kelancaran tugas, tim auditor minta kepada seluruh pihak utamanya pimpinan di lingkungan IAIN Palopo agar menyiapkan data-data dan dokumen terkait sasaran audit tersebut”, pinta Nurhayati. (Humas)

Leave a Reply

Works with AZEXO page builder