18
May
2021

#KarebaHumas- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo rutin melaksanakan Upacara peringatan Hari Kesadaran Nasional (HKN) yang dipreringati setiap tanggal 17 di setiap bulannya.

Upacara HKN kali ini, 17 Mei 2021, dilaksanakan secara offline dan online, secara offline di laksanakan di Aula Rektorat lantai III yang dihadiri hanya beberapa petugas pelaksana upacara, seperti Pembina Upacara, Pembacaan Undang-Undang Dasar 1945, Korps Pegawai, pembacaan do’a dan MC. Sementara peserta upacara diikuti secara online.

Kali ini Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Palopo, Dr. Nurdin K, bertugas sebagai pembina upacara, dirinya mengawali amanatnya dengan mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah dimana peringatan KHN ini bertepatan hari Senin, hari pertama masuk kantor. Ia mengajak untuk mendoakan saudara-saudara Muslim yang ada di Palestina yang saat ini masih dalam agresi militer yang telah menelan ratusan korban jiwa baik anak-anak dan wanita.

Untuk memupuk kesadaran nasional, Dekan FTIK mengungkapkan 4 poin penting, yang pertama kesadaran terhadap Niat, poin pertama ini kata dia sangat penting dimana sebagai dasar pada hasil yang akan diperoleh.

“Ketika kita berniat dengan ikhlas ke kantor bekerja karena Allah swt. Maka tidak hanya bernilai materil tapi juga memperoleh pahala yang besar dari Allah.” tambah Nurdin.

Yang kedua, Keikhlasan, apapun tupoksi, pekerjaan masing-masing hendaknya dijalani dengan penuh keikhlasan, apakah tupoksi itu besar atau kecil

Ketiga, Sabar, poin ketiga ini menurut Nurdin K, tidak kalah penting. Sabar dalam arti luas, sabar terhadap tugas dan tanggungjawab masing-masing, “karena kita dalam organisasi pendidikan, tugas pokok adalah pelayanan. Dalam menjalankan tugas kita harus memiliki sifat keramahan dalam melayani, selalu menebarkan senyum dan berkata yang baik yang disenagi orang.” lanjutnya.

Dan poin keempat, adalah kesadaran sifat Tawakkal, adalah berserah diri sepenuhnya pada Allah swt, atas urusan dan pekerjaan itu.

HKN ini berjalan lancar diikuti para pimpinan kampus, dosen dan Tenaga Pendidik, ditutup dengan pembacaan doa serta saling sapa atau halal bihalal secara virtual. (Humas)

Leave a Reply

Works with AZEXO page builder