28
Apr
2021

#KarebaHumas – Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo menggelar Safari Ramadan yang dirangkai Dialog Kebangsaan bertajuk “Moderasi Beragama untuk Mencegah Radikalisme dan Terorisme”, bertempat di Aula Serba Guna IAIN Palopo, 24 April 2021.

Dema IAIN Palopo hadirkan narasumber Kapolres Kota Palopo, AKBP Alfian Numas SIK, dan Wakil Rektor (Warek) III Dr. Muhaemin,. Kegiatan ini bekerja sama dengan Rumah Moderasi Beragama IAIN Palopo dan Polres Palopo, bertujuan menangkal isu radikalisme dan terorisme di Kota Palopo.

Rektor IAIN Palopo, Prof. Dr. Abdul Pirol, saat membuka acara secara resmi, menyampaikan apresiasi pada Dema IAIN Palopo atas terselenggaranya acara, yang menurunya termasuk produktif.

Diungkapkan Rektor, bahwa IAIN Palopo memiliki lembaga yang disebut Moderasi Beragama, dimana salah satu tujuannya sebagai agen perubahan dalam beragama, berbangsa dan bernegara.

Sementara sambutan Dema IAIN Palopo, Muhaimin Ilyas, menyampaikan komitmen berbangsa dan bernegara itu penting agar kecintaan seorang warga negara tidak mudah luntur.

“Dengan pemahaman radikalisme yang dapat menggeser nilai-nilai toleransi beragama, kita tangkal dengan menguatkan kajian-kajian keislaman dan keidonesiaan secara rutin”. ucap Muhaemin Ilyas.

Usai dibuka oleh Rektor, acara kemudian dilanjutkan pemaparan materi oleh narasumber dan dialog sembari menunggu buka puasa bersama. Kegiatan berlangsung dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, demi pencegahan penyebaran virus Covid-19. (*)

Leave a Reply

Works with AZEXO page builder