18
Nov
2020

Humas- Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo menggelar webinar Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar pelaksanaan secara offline di Auditorium FUAD IAIN Palopo, Rabu, 18 November 2020.

Webinar ini dihadiri secara offline, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan IAIN Palopo, Dr. H. Muammar Arafat yang juga bertindak sebagai moderator pada materi sesi pertama, hadir para Dekan, Ketua dan Kepala Lembaga IAIN palopo, dosen dan sejumlah tenaga pendidik.

Disampaikan Rektor IAIN Palopo, Prof. Dr. Abdul Pirol, pada pembukaanya secara virtual, bahwa merdeka belajar dan kampus merdeka merupakan kebijakan yang dicanangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI hal ini Nadim Makarim.

Kebijakan tersebut merupakan upaya-upaya untuk merespon kemajuan dan tantangan zaman. Menurut Rektor, gagasan merdeka belajar dan kampus merdeka adalah kebijakan yang dimaksudkan memberi kontribusi pada kampus terhadap kemajuan teknologi pendidikan.

Sebagai salah satu contoh, sebelum adanya pandemi tantangan 4.0 bagi dunia pendidikan harus diadaptasi secara pelan, tetapi saat pandemi mengharuskan para aktivitas pendidikan pandai memanfaatkan teknologi.

“Karena itu merdeka belajar, telah termaksudkan, bahwa pendidikan harus dielaborasi sedikitnya pada teknologi.” imbuh Rektor.

Ketua panitia, Dr. Masruddin, meyampaikan, acara ini merupakan step toner untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar dan salah satu penunjang penjaminan mutu IAIN Palopo pada perguruan tinggi unggul.

Narasumber pada webinar tersebut; materi pertama, Prof. Dr. Abdul Pirol, MAg, Rektor IAIN Palopo “Arah dan Kebijakan IAIN Palopo dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar”.

Pemateri kedua, Dr. H. Mamat Selamet Burhanuddin, M.Ag, Kasubdit Pengembangan Akademik Direktorat PTKI Dirjen Pendis Kemenag, “Implementasi Kebijakan Kurikulum Kampus Merdeka, Merdeka Bejalar di PTKIN”. Materi ketiga, Dr. Muhammad Fakri Husain, S.E., M.Si, Ketua LPM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, “Penyususnan Kurikulum Kampus Merdeka, Merdeka Belajar.” (humas)

Leave a Reply

Works with AZEXO page builder