11
Jun
2020



Humas–Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo bekerjasama dengan Kantor Wilayah VI Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menggelar Web Seminar (Webinar) yang diikuti sivitas akademik IAIN Palopo dengan menggunakan aplikasi zoom dan youtube, Selasa 9 Juni 2020.

Adapun Webinar tersebut menghadirkan pembicara Komisioner KPPU RI, DR M Afif Hasbullah, SH, MH.Hum, Rektor IAIN Palopo, Dr Abdul Pirol, M.Ag serta Kepala Kanwil VI KPPU Makassar, Hilman Pujana, SE, MH. Yakni, dengan mengambil tema “Pengawasan Persaingan Usaha dalam Masa Pandemi Covid-19.

Rektor IAIN Palopo, Dr Abdul Pirol, M.Ag yang membuka acara Webinar menyebutkan bahwa, pihaknya merasa bersyukur karena KPPU bekerjasama IAIN Palopo meggelar Webinar secara bersam-sama. Untuk itu, pihaknya melakukan berbagai persiapan, tentunya dapat diikuti oleh sivitas akademika IAIN Palopo.

“Mahasiswa kita ada 8.500 orang, tapi suasana di kampus saat ini dalam keadaan sepi, semuanya berada di rumah masing-masing, seperti kampus-kampus lainnya, perkuliahan pun digelar secara daring,” sebutnya.

Dikatakan Pirol, terkait dengan persaingan usaha, sebagai lembaga pendidikan, pihaknya mengajak agar prodi-prodi yang ada terkait dengan persaingan usaha memberikan edukasi seperti apa ekonomi yang dijalankan Nabi Muhamammad SAW.

“Bagaimana Rosululloh ketika menjalankan usahanya dilakukan secara sehat, mencontohkan sifat tolong-menolong, membantu sesama serta fastabikul khoirot,” ungkapnya.

Sementara itu, Komisioner KPPU RI, DR M Afif Hasbullah, SH, MH.Hum mengungkapkan peran dan tugas pemerintah tentunya sangat penting dalam mengatur roda ekonomi agar tidak terjadinya persaingan usaha yang tidak sehat. Dapat dilakukan dengan kebijakan-kebijakan yang diatur dalam undang-undang atau regulasi-regulasi yang ada.

Selain itu, pihaknya juga mengajak IAIN Palopo untuk melakukan riset bersama seperti apa hukum dan bagaimana sisi ekonominya. Perguruan Tinggi Agama ini sangat penting keberadaanya, apalagi memiliki Prodi Perbankan Syariah, Ekonomi Syariah, serta Prodi-prodi terakit lainnya.

“Nah keilmuan ini berhubungan dengan persaingan usaha,” ujarnya.(ich)



Leave a Reply

Works with AZEXO page builder