07
Feb
2020



Humas— Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo, Dr. Abdul Pirol, menerima Tim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Kamis (6/02/2020).
.
Kedatangan Tim tersebut untuk melakukan entry meeting dengan sejumlah satuan kerja Kemenag RI tanpa terkecuali IAIN Palopo, yang terkait pemeriksaan laporan keuangan tahun anggaran 2019.
.
Pada rapat koordinasi dihadiri sejumlah unsur pimpinan IAIN Palopo dan empat orang tim BPK RI, bertempat di Aula Rektorat lantai III.
.
Rektor, Dr. Abdul Pirol, menyampaikan bahwa IAIN Palopo dalam laporan lima tahun terakhir cukup baik, hal itu didasari pengawalan serta arahan-arahan yang intens diberikan pada stakeholder penguasa anggaran.
.
Ia berharap, berkas-berkas dan lainnya yang diminta tim, dapat terpenuhi selama pemeriksaan dan setiap stakeholder yang terkait agar stand by untuk sewaktu-waktu menyiapkan berkas yang dibutuhkan.
.
“Kami berharap satuan kerja proaktif dalam menyiapkan dokumen dan bahan agar pemeriksaan berjalan lancar dengan hasil yang baik,” kata Rektor yang didampingi Kepala Biro AUAK, Dr H Muhdin.
.
Ia juga meminta pada tim BPK, dapat memberikan bimbingan baik dalam pelaporan pelaksanaan kegiatan hingga dalam pelaksanaan anggaran agar tercapainya hasil dari IAIN Palopo lebih baik lagi.
.
Sementara Ketua Tim Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI, menjelaskan bahwa dalam pemeriksaan laporan keuangan, auditor BPK akan fokus pada empat point utama.
.
Keempat point tersebut yaitu; 1) Kesesuaian penyajian Laporan Keuangan (LK) dengan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP). 2) Kecukupan pengungkapan informasi keuangan dengan ketentuan pengungkapan Satuan Akuntansi Pemerintah (SAP). 3) Kepatuhan terhadap peraturan perundangan-undangan dan 4) Sistem Pengendalian Internal. (jn)



Leave a Reply

Works with AZEXO page builder