21
Dec
2019





Humas- Pemeritah Kota Palopo dan berbagai pihak mendukung Isntitut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo beralih status menuju Unversitas Islam Negeri (UIN), sebagaimana dalam pembinaan tata kelola organisasi menuju UIN di Aula Rektorat, Sabtu (21/12/2019)

Dalam acara tersebut, Kepala Dinas Transmigrasi Kota Palopo, Dr. Ilham Tahar, menyampaikan hal terkait dukungan pemerintah Kota Palopo kepada IAIN Palopo menuju UIN, yang tertuang dalam paparannya, sinergitas pentahelix dalam pembangunan transpolitan yang maju dan sejahtera guna terwujudnya IAIN Palopo menuju UIN.

Dijelaskannya, bahwa pemerintah kota mendukung penuh IAIN Palopo ke universitas, yang tak lain jika beralih status akan terbuka program-program studi baru, misalnya program studi peternakan yang sangat dibutuhkan dan berpotensi di Tana Luwu.

Sementara Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Kementerian Agama, Drs. H. Afrizal Zen, kesempatan itu menyampaikan beberapa potensi IAIN menuju UIN, yang dimulai dari dasar hukum PP Nomor 46 Tahun 2019 Tentang Pendidikan Tinggi hingga PMA Nomor 15 tahun 2014 Tentang perubahan Bentuk Perguruan Tinggi Keagamaan.

Menurutnya, dalam perubahan bentuk PTKIN, memiliki dasar yang mencakup kebutuhan masyarakat, kebutuhan pembangunan nasional, pengembangan ilmu pengetahuan dan pertumbuhan jumlah mahasiswa.

Diungkapkan pula persyaratan wajib perubahan bentuk PTKIN, hal ini kebutuhan masyarakat dan rencana pengembangan bidang keilmuan, yang telah ada pada IAIN Palopo berdasarkan dukungan pemerintah daerah, IAIN Palopo menuju UIN dapat dengan mudah terwujud.

“Melalui prosedur yang ada, tim pengembangan mutu menguji kelayakan, baik dari segi geografis, persentasi berdasarkan data yang telah memungkinkan UIN, serta visitasi. Jika telah mengikuti prosedur dan telah menguji visitasi kemampuan, maka IAIN menuju UIN dapat diwujudkan.” imbuh H. Afrizal Zen. (Humas/jn)



Leave a Reply

Works with AZEXO page builder