21
Nov
2019

Humas- Civitas akademika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo, menggelar maulid nabi Muhammad Saw, di Masjid Alauddin IAIN Palopo, Kamis (21/11/2019)

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Ashabul Kahfi mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dilanjutkan pembacaan Asmaul Husna oleh kelompok mahasiswi PBA. Kesempatan itu selaku pembawa hikmah maulid atau kuliah umum yakni, Hamzah Hasan, Lc MAg.

Rektor, Dr. Abdul Pirol, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa selaku warga kampus agar senantiasa mengingat keteladanan Nabi Muhammad Saw, sebagai teladan bagi seluruh aspek kehidupan, teladan yang menginspirasi dalam kehidupan baik secara individu maupun secara warga dunia.

“Sangat tepat bagi kita dalam peringatan ini, mengambil teladan padanya. Satu hal yang penting bagi kaum muslim dalam salah satu ayat yang telah dibacakan Qori tadi, bahwa tiada Nabiullah Muhammad Saw hanyalah seorang rasul, maksudnya Nabi bukanlah Tuhan yang tidak mati. Begitu pula Islam dalam menyukseskan kita dalam beragama itu tidak berlebih-lebihan.” ucap Rektor.

Ia menjelaskan, bahwa tidak hanya dari segi agama, bahkan dalam berpakaian maupun dalam pemikiran. Sebagai PTKIN yang ada di Tana Luwu ialah sebagai pionir kedepan yang sewajarnya terhadap konsep ajaran agama.

Kesempatam itu juga, Rektor mengimbau pada warga kampus, agar senantiasa menjaga kebersihan yang menjadi salah satu wujud keimanan kita, serta keamanan pun harus dijaga.

Maulid yang dihadiri kurang lebih 1.000 mahasiswa itu, Rektor juga menjelaskan konsep sebagai seorang mahasiswa PTKIN agar setiap mahasiswa sekurang-kurangnya mampu membaca Al-Qur’an dengan jelas dan minimal menghapal I juz Al-Qur’an.

“Juga memperkuat bahasa, baik bahasa Arab, Inggris maupun bahasa Indonesia dengan baik. Riset ilmiah dan melati kemandirian melalui kegiatan kewirausahaan.” pungkas Rektor. (Humas/jn)

Leave a Reply

Works with AZEXO page builder