Back to Top
 
 
 
Artikel

Artikel (25)

Bertempat di halaman depan gedung rektorat IAIN Palopo, pimpinan cabang Bank BRI Cabang Palopo Bapak Christofell C. Ginzell menyerahkan satu unit mobil jenis microbus senilai Rp. 379.399.900,- kepada pihak IAIN Palopo yang diterima langsung oleh Rektor IAIN Palopo Bapak Dr. Abdul Pirol, M.Ag.

Acara penyerahan ini dihadiri oleh para pejabat dari kedua instansi. Tampak mendampingi Rektor antara lain adalah Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Kepala Biro AUAK, Kepala Bagian Keuangan dan Perencanaan dan para pejabat lainnya.

Diharapkan dengan penyerahan bantuan ini kerjasama kedua belah pihak dapat lebih ditingkatkan. Selama ini telah terjalin kerjasama yang cukup baik antara lain pembayaran SPP mahasiswa, pembayaran gaji pegawai dan dosen, pencairan anggaran dan lain-lain.

Jumat, 09 Juni 2017 13:14

LPM Graffity Gelar Pelatihan Menulis

PALOPO---Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Graffity IAIN Palopo menggelar pelatihan menulis dirangkaikan dengan buka puasa bersama yang diikuti anggota dan pengurus di Taman Pendidikan Alquran (TPA) Masjid Alauddin IAIN Palopo, Jum'at 9 Juni 2017.
Ketua LPM Graffity, Bayu Segara, kepada Palopo Pos, disela-sela acara mengungkapkan bahwa adapun kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang sudah terprogramkan di program kerja LPM Graffity tahun 2017. 
"Hanya saja kegiatan ini bertepatan dengan bulan ramadan, untuk itu dirangkaikan dengan buka puasa bersama antar pengurus," ungkapnya.
Adapun pemateri pelatihan menulis yang dihadirkan oleh LPM Graffity yakni penulis muda, Ummu Kalsum salah satu inspirasi menulis anggota Graffity. 
Sementara itu, materi yang dibawakan oleh Ummu Kalsum merupakan materi seputar gaya penulisan, cara menulis artikel, dan menulis opini. "Semua itu dibahas dalam satu hari dan akan dilanjutkan kembali pada esok hari," sebut Bayu.
Untuk diketahui kegiatan tersebut dihadiri oleh anggota serta pengurus LPM Graffity IAIN Palopo yang berjumlah sekitar 20 orang.(Humas)

PALOPO--Sebanyak 1.000 Calon Mahasiswa Baru (Camaba) dari 1.155 peserta berhasil lolos Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Hal tersebut berdasarkan pengumuman panitia di Sekret Panitia, Gedung Rektorat, Lantai I IAIN Palopo, Senin, 19 Juni 2017 kemarin.
Humas Panitia Lokal UM-PTKIN IAIN Palopo, Wisran, SS, M.Pd, yang ditemui Palopo Pos, Senin, 19 Juni 2017 kemarin menyampaikan bahwa adapun pengumuman panitia pusat itu dilakukan pada pukul 15.00 setelah  itu panitia melakukan print out dan memasang di diinding pengumuman.
"Sebenarnya pengumuman dapat diakses melalui Website panitia :http://pengumuman.um-ptkin.ac.id, namun yang tidak berkesempatan melihat lewat jaringan internet dapat ke sekret panitia untuk melihat hasil pengumuman," sebutnya.
Dikatakannya, untuk IAIN Palopo sendiri di tahun 2017 ini menyediakan sebanyak 1400 kursi terdiri dari tiga jalur pendaftaran. Yakni pendaftaran lewat jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) menyediakan 700 kursi, 50 persen dari kuota yang ada.
 Kemudian yang kedua yang saat ini tengah berlangsung, jalur UM-PTKIN menyediakan 420 kursi atau sebanyak 30 persen dari kuota yang ada. Selanjutnya jalur pendaftaran yang terakhir melalui jalur mandiri, dengan kursi yang disediakan sebanyak 280 kursi atau 20 persen dari kuota yang tersedia.
Untuk SPAN-PTKIN ini sudah digelar, sebanyak 682 peserta telah lulus dan saat ini melakukan pendaftaran ulang. Sementara untuk jalur UM-PTKIN sendiri 1.155 pendaftar, 420 kursi yang disiapkan. Namun oleh panitia pusat ditambah kuotanya menjadi 1.000 kursi.
Untuk diketahui UMPTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) dalam sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.(Humas)

PALOPO---Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo menggelar Studium General dengan tema "Meneguhkan Pancasila, Merawat NKRI" yang diikuti civitas akademik IAIN, di Aula Serba Guna, Rabu, 14 Juni 2017 kemarin.
Hadir sebagai pemateri, Dandim 1403 Sawerigading, Letkol Kavaleri Cecep Tendi Sutendi, Kapolres Palopo, AKBP Taswin SIk MH, Kasi Intelejen Kejari Palopo, Risal Manaba SH yang dipandu Wakil Dekan I Fakulats Syariah IAIN, Dr H Muammar Arafat Yusmad SH MH. 
Pada kegiatan tersebut diawali dengan sambutan Rektor IAIN Palopo, Dr Abdul Pirol, M.Ag, dirinya menyampaikan bahwa, adapun Studium General yang digelar merupakan rangkaian kegiatan dari surat edaran jajaran Kementerian Agama (Kemenag) yang saat ini tengah melaksanakan pekan Pancasila.
"IAIN sendiri telah melaksanakan apel Aparatur Sipil Negara (ASN), diskusi dengan lembaga kemahasiswaan, serta studium General," sebutnya.
Sementara itu Dandim 1403 Sawerigading, Letkol Kavaleri, Cecep Tendi Sutendi dalam kuliah umum menyampaikan bahwa adapun ancaman terhadap kedaulatan NKRI semakin nyata. Baik dari dalam Negeri maupun luar Negeri.
Dikatakannya, ada beberapa ancaman dari luar, salah satunya, China yang berencana melakukan reklamasi laut sehingga memberikan pengaruh terhadap Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) Indonesia. Sedangkan ancaman dari dalam yaitu penggunaan narkoba yang terus merajalela dan sangat disayangkan para generasi muda yang menjadi korban penyalahgunaan obat terlarang tersebut.
"Kedua ancaman inilah yang mesti dicegah secara bersama-sama," ungkapnya.
Kapolres Palopo, AKBP Taswin SIk MH yang juga tampil sebagai pemateri, menyampaikan bahwa, saat ini nilai luhur yang dulunya dipegang teguh oleh anak bangsa kini semakin tergerus menjadi potensi ancaman persatuan Nasional.
"Untuk itu mari kita gairahkan lagi nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, demokrasi, serta keadilan demi persatuan bangsa Indonesia," imbuhnya.
Sementara itu Kasi Intelejen Kejari Palopo, Risal Manaba SH menuturkan, segenap elemen bangsa wajib melaksanakan nilai-nilai Pancasila secara utuh."NKRI adalah harga mati," tegasnya.
Untuk diketahui kegiatan kuliah umum dirangkaikan dengan buka puasa bersama dan salat Maghrib secara berjamaah di masjid Aaluddin IAIN Palopo.(Humas)

PALOPO--Sebanyak 1.155 calon mahasiswa baru Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo melalui jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) akan memperebutkan 420 kursi, hari ini, Selasa, 23 Mei 2017.
Humas Panitia Lokal UM-PTKIN IAIN Palopo, Wisran, SS, M.Pd, yang ditemui Palopo Pos, Jumat, 19 Mei 2017 membenarkan bahwa pihaknya saat ini tengah menggelar UM-PTKIN. 
Dikatakannya, untuk IAIN Palopo sendiri di tahun 2017 ini menyediakan sebanyak 1400 kursi terdiri dari tiga jalur pendaftaran. Yakni pendaftaran lewat jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) menyediakan 700 kursi, 50 persen dari kuota yang ada. 
Kemudian yang kedua yang saat ini tengah berlangsung, jalur UM-PTKIN menyediakan 420 kursi atau sebanyak 30 persen dari kuota yang ada. Selanjutnya jalur pendaftaran yang terakhir melalui jalur mandiri, dengan kursi yang disediakan sebanyak 280 kursi atau 20 persen dari kuota yang tersedia.
Untuk SPAN-PTKIN ini sudah digelar, sebanyak 682 peserta telah lulus dan saat ini melakukan pendaftaran ulang. Sementara untuk jalur UM-PTKIN, sebanyak 1.155 pendaftar nantinya akan bertarung pada 23 Mei mendatang memperebutkan kursi yang telah disediakan.
Untuk diketahui UMPTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) dalam sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.(Humas)

PALOPO--Minat masyarakat Palopo, Luwu Raya dan sekitarnya menimba ilmu di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo cukup tinggi. Hingga Jumat malam, 12 Mei 2017 pukul 20.30, pendaftar pada pilihan pertama mencapai 1.152 peserta.
Hal tersebut diungkapkan Humas Panitia lokal Pelaksana UM-PTKIN IAIN Palopo, Wisran, S.S, M.Pd, kepada Palopo Pos, Jumat kemarin.
Disampaikan Wisran, dari 16 Prodi yang ada, Ekonomi Syariah menjadi Prodi Favorit dengan peminat mencapai 242 peserta. Kemudian disusul Prodi Perbankan syariah, 241 peserta. Sementara diurutan ketiga Prodi Pendidikan Bahasa Inggris mencapai 83 peminat.
Dikatakannya, pendaftaran UM-PTKIN dibuka sejak 10 April lalu dan berdasarkan keputusan Panita Nasional, pendaftaran ditutup 13 Mei 2017. Jadi pendaftaran di UM-PTKIN ini terbagi tiga tahap. 
Pertama Calon peserta mendaftar dan mengisi biodata secara online di www.um-ptkin.ac.id. Kemudian mendapatkan nomor SIP (Slip Instruksi Pembayaran), PIN dan informasi nominal yang harus dibayarkan serta tatacara pembayaran.
Untuk tahap kedua, kata dia dilanjutkan dengan pembayaran pada Bank yang telah ditunjuk. Setelah itu di ketiga, peserta melanjutkan pendaftaran online di www.um-ptkin.ac.id dengan memasukkan nomor SIP dan PIN untuk memilih kelompok ujian, program studi, lokasi ujian dan tipe ujian (CBT atau PBT) hingga cetak kartu ujian. 
"Nah untuk batas pembayaran ini berakhir pukul 24.00, 12 Mei sementara, untuk tahap ketiga, logging memasukkan nomor SIP dan PIN it berakhir pukul 16.00, 13 Mei 2017," ungkap Wisran.
Untuk diketahui UMPTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) dalam sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Sebelumnya IAIN Palopo juga telah menggelar penerimaan MABA melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dengan jumlah pendaftar sebanyak 682 peserta.(Humas)

PALOPO--Civitas Akademika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo menggelar upacara peringatan hari lahir Pancasila yang dipimpin langsung Rektor IAIN, Dr Abdul Pirol, M.Ag di Halaman Gedung Serba Guna IAIN, Kamis 1 Juni 2017. 
Rektor IAIN Palopo,  Dr Abdul Pirol, M.Ag yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), dalam sambutannya menyampaikan bahwa, selain sebagai rasa cinta terhadap Pancasila. Adapun pelaksanan peringatan hari lahir Pancasila juga merupakan perintah langsung dari Kementerian Agama melalui Sekjen Kemenag.


Dikatakannya, adapun Pancasila merupakan hasil dari sebuah proses yang dilakukan oleh Founding Fathers, Pendiri Bangsa Republik Indonesia yang kemudian menghasilkan rumusan sebagai dasar negara dalam menjaga keutuhan bangsa.
Pancasila, kata dia, menjadi harapan dan bahkan rujukan masyarakat internasional dalam membangun dunia yang damai, adil dan makmur ditengah kemajemukan. Dengan pengamalan nilai-nilai Pancasila akan menjaga perdamaian, persatuan, persaudaraan, dan sikap saling toleran.
"Kita Indonesia, kita Pancasila, Saya Indonesia, Saya Pancasila," tutupnya.(Humas)

PALOPO--Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo menggelar Upacara Hari Kesadaran Nasional yang dipimpin langsung oleh Rektor IAIN Palopo, Dr Abdul Pirol, MA, Rabu, 17 Mei 2017. Kegiatan tersebut dilaksanakan setiap tanggal 17 setiap bulannya yang diikuti oleh para dosen, pegawai dan mahasiswa yang telah berlangsung sejak 20 tahun lalu.

Rektor IAIN Palopo, Dr Abdul Pirol, MA yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup)  menegaskan agar seluruh civitas akademika dan warga IAIN Palopo menolak gerakan radikal, intoleran, dan gerakan atau paham anti Pancasila. 
 "IAIN Palopo wajib memelihara empat pilar bernegara, yaitu, Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika," sebut Pirol.

Dikatakannya, Hari Kesadaran Nasional dilaksanakan setiap bulannya sebagai cara untuk merawat dan memelihara semangat kebangsaan dan bukti komitmen terhadap NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD tahun 1945. 
"Sebagai kampus negeri, IAIN Palopo berkewajiban melaksanakan kebijakan pemerintah termasuk untuk menyebarluaskan ajaran Islam dalam kerangka NKRI," tambahnya.(Humas)

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Islam Bapak Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin, MA meresmikan tiga unit gedung baru yang dibangun pada tahun anggaran 2016 dengan menggunakan sumber dana dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Ketiga unit gedung tersebut adalah gedung auditorium, gedung perpustakaan dan gedung Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

Selain meresmikan gedung, pada kesempatan ini beliau juga membuka Rakornas Forum Dosen Forum Dosen Ekonomi Bisnis Islam (Fordebi) dan melaunching program studi baru yakni program studi Manajemen Bisnis Syariah.

Dalam kuliah umumnya Dirjen Pendis mengemukakan bahwa dengan adanya gedung baru ini hendaknya menjadi pendorong dalam memberikan semangat baru untuk meningkatkan kualitas IAIN Palopo, kemajuan ilmu pengetahuan harus senantiasa diikuti agar seluruh civitas akademika tidak ketinggalan.

"Para civitas akademika hendaknya selalu mengupgrade diri agar tidak tersingkir dari perubahan dan persaingan yang pasti sangat luar biasa di masa akan datang. Para dosen harus dapat bergaul dan berinteraksi secara internasional dan global dengan menjadi konsumen yang 'rakus' untuk membaca dan menikmati produksi berbagai ilmu pengetahuan, khususnya yang terkait bidang keilmuan masing-masing," ungkapnya.

Terkait dengan perpustakaan, Dirjen Pendis meminta agar perpustakaan dioptimalkan sehingga bisa menjadi perpustakaan terlengkap di daerahnya dan dapat menyediakan berbagai referensi yang lengkap utamanya terkait dengan kearifan lokal.

"Perpustakaan harus baik dari segi konten, tata kelola, dan kenyamanan," tambahnya.

Acara peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Dirjen Pendis didampingi oleh Rektor IAIN Palopo Bapak Dr. Abdul Pirol, M.Ag, Walikota Palopo Drs. H.M. Judas Amir, SH.,MH. dan sejumlah pejabat terkait.

 

Memasuki masa-masa penerimaan mahasiswa baru, IAIN Palopo mengadakan acara sosialisasi mengenai seleksi penerimaan mahasiswa baru. Acara dilangsungkan di gedung Balai Rasdiana Center (BRC) Palopo.

Acara sosialisasi ini panitia mengundang seluruh Kepala Madrasah Aliyah, SMA dan SMK se-Kota Palopo, Kabupaten Luwu, Kabupaten Luwu Utara, Kabupaten Luwu, Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Wajo, untuk memaparkan informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru jalur SPAN-UM PTKIN.

Sebelum itu acara sosialisasi ini secara resmi dibuka oleh Rektor IAIN Palopo Dr. Abdul Pirol, M.Ag, beliau mengucapkan banyak terima kasih kepada Kepala Sekolah yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan sosialisasi ini. Dalam sambutannya Rektor sedikit memperkenalkan Kampus IAIN Palopo kepada Kepala Sekolah dan mengharapkan penerimaan mahasiswa baru tahun 2017 ini berjalan dengan baik. Setelah itu Wakil Rektor I yaitu Dr. Rustan S, M.Hum dan Wakil Rektor II Dr. Ahmad Syarief Iskandar, MM berkesempatan juga memberikan informasi secara detail tentang kampus IAIN Palopo dalam hal sarana dan prasarana serta memberikan informasi peluang dan kesempatan bagi calon mahasiswa nantinya untuk mendapatkan beasiswa-beasiswa yang ada dikampus IAIN Palopo.

Dalam sosialisasi tersebut  panitia juga menjelasakan sedikit secara teknis tata cara pedaftaran serta penginputan data sekolah dan data siswa pada pada jalur SPAN-PTKIN 2017.

        

Halaman 1 dari 2