Back to Top
 
 
 
Rabu, 14 Juni 2017 13:08

Studium General Dirangkaikan Buka Puasa Bersama

PALOPO---Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo menggelar Studium General dengan tema "Meneguhkan Pancasila, Merawat NKRI" yang diikuti civitas akademik IAIN, di Aula Serba Guna, Rabu, 14 Juni 2017 kemarin.
Hadir sebagai pemateri, Dandim 1403 Sawerigading, Letkol Kavaleri Cecep Tendi Sutendi, Kapolres Palopo, AKBP Taswin SIk MH, Kasi Intelejen Kejari Palopo, Risal Manaba SH yang dipandu Wakil Dekan I Fakulats Syariah IAIN, Dr H Muammar Arafat Yusmad SH MH. 
Pada kegiatan tersebut diawali dengan sambutan Rektor IAIN Palopo, Dr Abdul Pirol, M.Ag, dirinya menyampaikan bahwa, adapun Studium General yang digelar merupakan rangkaian kegiatan dari surat edaran jajaran Kementerian Agama (Kemenag) yang saat ini tengah melaksanakan pekan Pancasila.
"IAIN sendiri telah melaksanakan apel Aparatur Sipil Negara (ASN), diskusi dengan lembaga kemahasiswaan, serta studium General," sebutnya.
Sementara itu Dandim 1403 Sawerigading, Letkol Kavaleri, Cecep Tendi Sutendi dalam kuliah umum menyampaikan bahwa adapun ancaman terhadap kedaulatan NKRI semakin nyata. Baik dari dalam Negeri maupun luar Negeri.
Dikatakannya, ada beberapa ancaman dari luar, salah satunya, China yang berencana melakukan reklamasi laut sehingga memberikan pengaruh terhadap Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) Indonesia. Sedangkan ancaman dari dalam yaitu penggunaan narkoba yang terus merajalela dan sangat disayangkan para generasi muda yang menjadi korban penyalahgunaan obat terlarang tersebut.
"Kedua ancaman inilah yang mesti dicegah secara bersama-sama," ungkapnya.
Kapolres Palopo, AKBP Taswin SIk MH yang juga tampil sebagai pemateri, menyampaikan bahwa, saat ini nilai luhur yang dulunya dipegang teguh oleh anak bangsa kini semakin tergerus menjadi potensi ancaman persatuan Nasional.
"Untuk itu mari kita gairahkan lagi nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, demokrasi, serta keadilan demi persatuan bangsa Indonesia," imbuhnya.
Sementara itu Kasi Intelejen Kejari Palopo, Risal Manaba SH menuturkan, segenap elemen bangsa wajib melaksanakan nilai-nilai Pancasila secara utuh."NKRI adalah harga mati," tegasnya.
Untuk diketahui kegiatan kuliah umum dirangkaikan dengan buka puasa bersama dan salat Maghrib secara berjamaah di masjid Aaluddin IAIN Palopo.(Humas)