Back to Top
 
 
 
Rabu, 10 Mei 2017 13:01

UM-PTKIN, Pilihan Pertama, 1.152 Peserta

PALOPO--Minat masyarakat Palopo, Luwu Raya dan sekitarnya menimba ilmu di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo cukup tinggi. Hingga Jumat malam, 12 Mei 2017 pukul 20.30, pendaftar pada pilihan pertama mencapai 1.152 peserta.
Hal tersebut diungkapkan Humas Panitia lokal Pelaksana UM-PTKIN IAIN Palopo, Wisran, S.S, M.Pd, kepada Palopo Pos, Jumat kemarin.
Disampaikan Wisran, dari 16 Prodi yang ada, Ekonomi Syariah menjadi Prodi Favorit dengan peminat mencapai 242 peserta. Kemudian disusul Prodi Perbankan syariah, 241 peserta. Sementara diurutan ketiga Prodi Pendidikan Bahasa Inggris mencapai 83 peminat.
Dikatakannya, pendaftaran UM-PTKIN dibuka sejak 10 April lalu dan berdasarkan keputusan Panita Nasional, pendaftaran ditutup 13 Mei 2017. Jadi pendaftaran di UM-PTKIN ini terbagi tiga tahap. 
Pertama Calon peserta mendaftar dan mengisi biodata secara online di www.um-ptkin.ac.id. Kemudian mendapatkan nomor SIP (Slip Instruksi Pembayaran), PIN dan informasi nominal yang harus dibayarkan serta tatacara pembayaran.
Untuk tahap kedua, kata dia dilanjutkan dengan pembayaran pada Bank yang telah ditunjuk. Setelah itu di ketiga, peserta melanjutkan pendaftaran online di www.um-ptkin.ac.id dengan memasukkan nomor SIP dan PIN untuk memilih kelompok ujian, program studi, lokasi ujian dan tipe ujian (CBT atau PBT) hingga cetak kartu ujian. 
"Nah untuk batas pembayaran ini berakhir pukul 24.00, 12 Mei sementara, untuk tahap ketiga, logging memasukkan nomor SIP dan PIN it berakhir pukul 16.00, 13 Mei 2017," ungkap Wisran.
Untuk diketahui UMPTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) dalam sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Sebelumnya IAIN Palopo juga telah menggelar penerimaan MABA melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dengan jumlah pendaftar sebanyak 682 peserta.(Humas)