Back to Top

Center of Excellences

 
 
 

blockiconAgenda

No events found
Kamis, 04 Mei 2017 08:01

HUKUM PIDANA ISLAM DALAM PERSPEKTIF HUKUM PIDANA POSITIF

Ditulis oleh 
Nilai butir ini
(0 pemilihan)

Hukum dapat dipahami oleh setiap orang, tetapi pemahaman orang tentang hukum itu pada umumnya masih kurang. Ada di antaranya memahami hukum itu adalah polisi (petugas) yang harus ditakuti, ada juga yang memahami bahwa hal-hal yang dilarang dan tidak boleh itu adalah hukum, sehingga di antara mereka selalu takut kepada hukum dan setiap melanggar saja, baru mereka sadar akan bertemu dengan hukum. Seolah-olah hukum lebih identik dengan pelanggaran.

Tetapi apabila pengertian hukum tersebut digabungkan dengan nilai-nilai keadilan atau dengan cita-cita mulia dari hukum yang lain, seperti rasa tentram, aman, teratur, dan lainnya, maka orang tidak akan mempersamakan hukum dengan sejumlah larangan dan hal-hal yang menakutkan lagi, tetapi sebagai bagian dari cita-cita hidup bersama. Dalam sebuah masyarakat atau negara, hak-hak (dan kewajiban) setiap individu terjamin.

Demikianlah sejak manusia mengenal peradaban dan hidup manusia sebagai makhluk social, mereka senantiasa membutuhkan “hukum” untuk mengatur hidup mereka, walaupun pada awalnya mungkin sangat sederhana dan tidak tertulis, tetapi ia disepakati dan dihormati oleh setiap anggota masyarakatnya.

Download Buku Lengkap

 

Baca 62 kali Terakhir diubah pada Kamis, 04 Mei 2017 08:19