IAIN Palopo- Dalam peningkatan mutu layanan akademik dan administrasi, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo akan menghadirkan aplikasi Sistem Informasi Playanan Akademik Terpadu (Sipakatau)

Aplikasi Sipakatau merupakan aplikasi akademik terintegrasi yang bertujuan untuk memudahkan civitas akademika IAIN Palopo dalam melakukan administrasi berbasis IT.

Seperti yang diungkapkan Kepala Biro AUAK IAIN Palopo, Dr. H. Muhdin, dalam apel rutin Senin pagi, bahwa aplikasi tersebut hadir untuk memudahkan layanan, menjadi sentral semua layanan aplikasi yang ada di fakultas maupun unit satuan kerja IAIN Palopo, Senin (7/10/2019)

“Aplikasi ini dapat kita buka dimanapun kita berada walaupun diluar kota, jadi proses layanan tetap berjalan dan aplikasi ini dapat terkoneksi dengan BUMN maupun bank yang telah bekerjasama dengan kita” terang Kabiro.

Diungkapkannya, aplikasi Sipakatau merupakan proyek perubahan, yang senada dengan  Peraturan Presiden RI, Joko Widodo, bahwa setiap lembaga hendaknya menggunakan layanan berbasis IT.

Jika berjalan dengan konsisten aplikasi Sipakatau dapat mewakili 8 area perupabahan di Kemenpan yang terdiri dari, (1) Manajemen Perubahan, (2) Penataan Peraturan Perundang-undangan, (3) Penataan dan Penguatan Organisasi, (4) Penata Tata Laksana, (5) Penata Sistem Manajemen SDM, (6) Penguatan Akuntabilitas Kinerja, (7) Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dan (8) Penguatan Pengawasan.

Adapun plikasi tersebut dicetusan Rektor IAIN Palopo, Dr. Abdul Pirol yang diaplikasikan oleh Kepala Biro AUAK, Dr. H. Muhdin. Sementara penamaan aplikasi Sipakatau sendiri dimbil dari bahasa loka, berasal dari kata Bugis yang bermakna memanusiakan manusia. Budaya sipakatau suku Bugis ini,  memiliki hubungan dengan nilai-nilai pendidikan karakter, yaitu nilai religius, toleransi, jujur, peduli sosial dan menghargai prestasi.

Aplikasi ini memiliki pusat layanan di Rektorat yang sementara proses rekonstruksi, jika tidak ada aral melintang aplikasi ini akan terealisasi diawal tahun 2020. (Humas/jn) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *