IAIN Palopo- Pada forum Annual Conference on Research Proposal (ACRP) 2020 Direktorat Pendidikan Tinggi Islam (Diktis), Kementerian Agama RI yang diselenggarakan oleh Diktis Kemenag RI di Hotel Horison Grand Serpong, Banten, 17 s/d 19 September 2019.

Proposal delegasi IAIN Palopo tersebut, ialah “Relasi Lembaga Keuangan Mikro Terhadap Reduksi Kemiskinan” penelitian kaloborasi yakni, Dr. Adzan Noor dan Dr. Hj. Ramlah,

Pada moment ACRP Diktis Kemenag RI yang dilaksanakan ketiga kalinya ini, ratusan akademisi-peneliti Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) se-Indonesia bersilaturrahim dan sharing ide dan gagasan tentang tema riset berbasis tridarma perguruan tinggi. Dari 2.957 proposal klaster pusat di litapdimas, tersaring 319 proposal yang lolos sebagai nominee. Para nominee selanjutnya mem-presentasi-kan proposal mereka di hadapan masing-masing 2 reviewer di setap klaster.

Tahapan seleksi proposal pada litapdimas yaitu validasi, similarity check, online review dan presentasi. Dari registerasi proposal berjumlah 2.957, tersaring menjadi 2014 (validasi), kemudian menjadi 921 (similarity), selanjutnya 319 (online review) yang diseleksi melalui presentasi. Hasil seleksi akhir direncanakan akan diumumkan pada tanggal 30 September 2019.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI, Prof. Kamaruddin Amin, dalam sambutannya mengapresiasi setinggi-tingginya semangat riset di PTKI. Termasuk pada massif-nya publikasi 40 ribuan lebih artikel jurnal di website moraref. Harapannya bahwa ke depan, dari 8.362 proposal akumulatif PTKI yang diajukan di litapdimas (32% dari total dosen PTKI se-Indonesia) dapat meningkat di masa yang akan datang. Lebih lanjut, ia berpesan agar setiap publikasi diarahkan pada aspek monumental dan memiliki dampak, baik pada sitasi dan realitas masyarakat.

Lebih lanjut, Prof Arskal Salim (direktur Diktis) menyampaikan perkembangan riset dan publikasi PTKI. Ia menyebutkan bahwa portal Moraref, www.moraref.kemenag.go.id, sebagai portal indeks jurnal di lingkungan PTKI memiliki 1.437 jurnal berbasis keislaman dan integrasi kelimuan, serta memiliki database 40.768 artikel hasil riset yang mudah diakses kapanpun dan dimanapun secara gratis.

Selaku nomine IAIN Palopo, Dr. Adzan Noor, mengucapkan rasa syukur atas nomine penerima bantuan penelitian, serta mengucapkan terima kasih kepeda pimpinan, yang telah mendukung melalui program workshop yang telah diikutinya. (Humas/jn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *