IAIN Palopo- Alumni Jurusan Pendidikan Matematika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo tahun 2016, Yuda Satria Nugraha mengangkat nama Indonesia, khususnya Palopo dan Tanah Luwu di dunia internasional. Pada Senin, 9 September 2019, anak dari Hermawan (anggota Satpol-PP Palopo) ini, mempresentasekan penelitiannya di Inggris.

Itu pada kegiatan International Conference on Teaching, Education, and Learning (ICTEL) 2019 yang berlangsung selama dua hari (9-10 September 2019) di Canada Water Library & Theatre London, Inggris.

Yuda diundang presentase ke Inggris dalam kapasitas sebagai mahasiswa S2 Magister Pengajaran Matematika, FMIPA Institut Teknologi Bandung (ITB). Ia merupakan salah satu penyaji tulisan/hasil penelitian tentang budaya Luwu yang berjudul “Ethnomathematical Review of Luwunese Traditional Values in South Celebes Indonesia (A Cultural Preservation Effort through Mathematics Learning)” atau “Tinjauan Etnomatis Nilai Tradisional Luwun di Sulawesi Selatan Indonesia (Upaya Pelestarian Budaya melalui Pembelajaran Matematika).

Bahasan penelitian tersebut tentang bagaimana upaya pelestarian nilai-nilai lokal masyarakat Luwu melalui pembelajaran matematika. Penelitian ini adalah penelitian etnomatematika, yaitu suatu pendekatan pembelajaran matematika yg dilakukan dengan pengintegrasian budaya. Topik ini menjadi penting untuk diusulkan/diimplementasikan karena menjadi salah satu cara penguatan nilai-nilai luhur suatu daerah kepada peserta didik dan generasi muda.

Jumlah peserta kegiatan ini sebanyak 20 orang penyaji tulisan hasil penelitian dan 20 orang peserta pengamat yang berasal dari negara-negara: Jepang, Malaysia, Indonesia, China, Saudi Arabia, Bahrain, Nigeria, Algeria, Rumania, Sri Lanka, India, Amerika Serikat, dan Inggris. Mereka umumnya adalah para akademisi, mahasiswa doktoral, dan praktisi profesional di bidang pendidikan/sains.

Sebelumnya, pada tahun 2018 lalu, Yuda juga pernah memaparkan tulisan/hasil penelitiannya di Konferensi Internasional Pendidikan Sains dan Ilmu Komputer yang dilaksanakan di Bandung. Penelitian tersebut tentang Kajian Etnomatematika Motif Batik Toraja dari Sudut Pandang Geometri Transformasi.

”Harapan saya, pendidikan dan budaya adalah dua hal yang saling berkaitan erat satu sama lainnya. Mari kita turut andil, mengambil bagian dalam menjaga kebudayaan bangsa ini, dengan berbagai kemampuan yang bisa kita lakukan, baik secara langsung maupun tidak,” jelasnya Yuda Rabu, 11 September 2019.

Yuda juga memohon doa untuk kelancaran projek akhir/tesisnya di Institut Teknologi Bandung. ”Semoga penyusunan tugas akhir tersebut berjalan tanpa kendala yang berat, bisa bermanfaat untuk masyarakat di dunia pengajaran matematika, dan saya dapat segera mengabdi untuk pendidikan anak bangsa. Aamiin,” sebutnya. (ikh/Hms).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *