IAIN Palopo- Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Ekonomi Syariah (Ekis) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) sukses menggelar International Conference di Auditorium Phinisi IAIN Palopo, Senin (9/9/2019)

Sekitar 1.200 mahasiswa dan dosen hadiri seminar yang mengusung tema “Literacy and World Cultures” menghadirkan dua narasumber dari luar negeri, yaitu, Mohamed El-Sayed Nedal Abul-Ainain Mohamed, Master Degree in Space Physics, Helwan University, Cairo dan Alessia Gamba, Master Degree in Modern Cultures and Modern Philology, Italia serta narasumber dari dalam negeri, Dr Fasiha Kamal, Doctoral Degree in Islamic University Yogyakarta.

Kesempatan itu Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr Muammar Arafat, membuka seminar secara resmi menyampaikan sambutannya, bahwa dirinya merupakan Ketua Prodi Ekis pertama, usai beri kuis pada mahasiswa. Adapun Ekonomi Syariah IAIN Palopo merupakan satu-satunya Prodi Ekonomi yang telah terakreditasi A di Indonesia Timur.

“Saat ini sangat dibutuhkan literasi, karenanya biasakan diri untuk mensugestikan diri dengan tokoh-tokoh yang kita kagumi dengan mensugesti diri kita untuk meneladani tokoh-tokoh itu. Kebiasaan say saat mahasisiwa diakhir pekan saya banyak membaca biografi para tokoh yang popular, dengan begitu membuat semangat kembali menyala-nyala” tuturnya.

Era milenial, harus dibarengi dengan banyak berpikir kedepan dan berimajinasi salah satunya mahasiswa baru yang kuliah di IAIN Palopo 2019 harus meyakinkan diri dapat selesai di tahun 2023, kurikulum memungkinkan selesai dengan 7 semester, lanjutnya.

Mengakhiri sambutan mantan Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Syariah itu, meminta untuk membangun kesadaran kolektif, serta mengucapkan apresiasi pada HMPS Ekis sebagai HMPS pertama yang menggelar kegiatan internasional.

Adapun sambutan Dekan FEBI, Dr H Ramlah Makkulasse, dengan seminar ini menambah wawasan mahasiswa serta mempertahankan akreditasi Prodi, dan diharapnya FEBI akan terus berkembang.

Apresiasi pada HMPS Ekis atas terselenggaranya seminar tersebut dengan bimbingan Dr Fasiha Kamal (Ketua Prodi Ekis). Dr Ramlah juga mengingatkan pada mahasiswa baru untuk berkonsentrasi di masa 1 tahun perkuliahan karenanya perkuliahan mahasiswa baru sedikit padat dengan Ma’had Al-Jami’ah, sebutnya pada seminar yang dihadiri kurang lebih 700 mahasiswa baru. (Humas/Jn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *