IAIN Palopo- Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) melepas peserta Program Latihan Profesi (PLP) terintegrasi pengabdian masyarakat di daerah Terpencil, Terjauh dan Tertinggal (3T) dan Internasional, pelepasan berlangsung di Aula lantai III Pascasarjana, Jum’at (30/8/2019)

Pelepasan dilakukan langsung oleh Rektor, Dr Abdul Pirol, yang dilakukan secara simbolis dengan pemakaian jaket PLP pada peserta, didampingi Dekan FTIK, Dr Nurdin K dan Wakil Dekan FTIK Bidang Akademik, Munir Yusuf SAg, MPd. Diuangkapkan panita jumlah peserta PLP daerah 3T sebanyak 60 orang yang akan diberangkatkan Sabtu pagi, 31 Agustus 2019 yang akan ditempatkan di Latimojong, Kab. Luwu.

Sementara peserta PLP Internasional sebanyak 9 orang yang akan diberangkatkan pada 1 Sebtember 2019 yang ditempatkan di kota Kinabalu, Malaisya.

Sambutan Rektor, Dr Abdul Pirol, diungkapkan PLP ini merupakan salah satu inovasi yang dilakukan Fakultas, dirinya sangat mengapresiasi. Adapun peserta PLP membawa suatu misi pada masyarakat, yaitu misi pengetahuan dan misi Perguruan Tinggi, untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“Ananda diharapkan dapat mengembangkan SDM masyarakat, dengan memperhatikan aspek waktu yang bisa teratasi, namun jika ada MoU itu lebih baik” tutur Rektor.

Rektor berpesan pada peserta PLP untuk memperhatikan 5S, yang pertama Sincerity yaitu keikhlasan, ketulusan dalam menjalankan PLP yang akan berada pada tempat yang jauh. Kedua Safety, bagamna menjaga keamanan selama dilokasi, mewaspadai hal-hal yang tidak memungkinkan.

“Ketiga Shows Ability, yaitu menunjukkan kemampuan. Adapun mahasiswa IAIN semua sudah bisa jadi imam, ceramah maupun khutbah dan mampu menunjukkan keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan dilokasi, kemudian yang keempat Shows of Respons Bility, bagamana menjaga kebersamaan atau kekompakan, ananda perlu menonjolkan kebersamaan” tambahnya.

“Dan yang ke-5 adalah Succes, diharapkan berhasil dalam menjalankan tugas yang tak lepas pada prinsip tolong menolong satu sama lain, “mempunyai prinsip, seperti dapat menerima masukan yang dapat dievaluasi dari setiap kegiatan, karena ciri keberhasilan adalah kebersamaan dan takkalah penting disamping kesibukan pada masyarakat ananda terus belajar bagamana mendewasakan diri” pungkas Rektor.

Sementara itu Dekan FTIK, Dr Nurdin K. sebelumnya berpesan 5S pada peserta PLP, adapun 5S tersebut ialah, Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Sabar, pada masyarakat setempat.  (Humas/Jn)  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *