IAIN Palopo- Balai Diklat Keagamaan Makassar menyelenggarakan Pembukaan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS di Aula Baruga Syekh Yusuf jalan Sultan Alauddin No. 105a Makassar, Senin (26 September 2019)

Pelatihan Paling Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil atau disingkat Latsar CPNS atau Latsar adalah syarat bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk diangkat menjadi PNS sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 101 Tahun 2000 tentang pendidikan dan pelatihan jabatan ASN.

Sebelum tahun 2015 dikenal sebagai Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan atau disingkat Diklat Prajabatan. Latihan Dasar kali ini dilaksanakan sebanyak 3 angkatan yang diikuti sebanyak 140 orang peserta dari 3 Provinsi dalam wilayah kerja Balai Diklat Keagamaan Makassar yaitu Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat.

Kesempatan ini, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo, Dr. Abdul Pirol, M.Ag bersama ibu Kepala BDK MKassar Juhrah dan didampingi oleh Kasi Administrasi, Nelly, Kasi Teknis pendidikan dan Keagamaan Andi Isra serta Koordinatoriat Widyaiswara Selfi berasama beberapa Widyaiswara Administrasi.

Rektor IAIN Palopo dalam arahannya pada saat membuka Kegiatan berharap semua peserta dapat mengikuti Latsar dengan sungguh-sungguh dengan mematuhi aturan dan membangun kedisiplinan selama Latsar berlangsung. Kegiatan ini menurutnya adalah diklat wajib untuk diikuti seluruh CPNS sehingga diharapkan semua materi dapat diikuti dengan baik oleh seluruh peserta.

Sementara itu, Juhra dalam laporannya menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh peserta atas kelulusannya menjadi CPNS. Juhra menambhkan bahwa kali ini dilaksanakan diklat Sebanyak 3 angkatan yaitu Angkatan VI, VII, dan VIII dengan jumlah peserta sebanyak 140 orang.

Latsar bagi CPNS menurut Juhrah adalah merupakan syarat pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk menjadi ASN/PNS untuk memberikan pengetahuan untuk pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika Pegawai Negeri Sipil, pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara, bidang tugas dan budaya organisasinya supaya mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat.(us/jn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *