IAIN Palopo- Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT-RI) ke-74, Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo berhasil melakukan upacara bendera di puncak tertinggi Sulawesi Selatan, yaitu puncak Rante Mario, Sabtu (17/8/2019)

Kegitan yang menjunjung tinggi rasa nasionalisme itu mengambil tema “Ekspedisi Jalur Timur Tolajuk Rante Mario” diikuti oleh 300 pendaki gunung Se-Indonesia, mengambil titik star dari Desa Tolajuk Kec. Latimojong Kab. Luwu dan finish di Guning Latimojong tepatnya di dusun Karangan desa Latimojong Kec. Buntu Batu, Kabupaten Enrekang.

Ekspedisi jalur timur melalui Desa Tolanjuk merupakan jalur baru menuju puncak tertinggi di Sulawesi Selatan yang dirintis dengan tujuan atau meresmikan jalur pendakian ke puncak Rante Mario melalui Kab. Luwu.

“Karena selama ini puncak Rante Mario dikenal dengan jalur melalui Kab. Enrekang. Dengan terbukanya jalur timur ini, akan memudahkan para petualang/pendaki gunung di kawasan Tana Luwuuntuk mendaki ke puncak Rante Mario tanpa harus melalui Kab. Enrekang” tutur Bupati Luwu H. Basmin Mattayang saat melepas para peserta ekspedisi jalur timur, Selasa (13/8/2019)

Saat bersamaan 7 orang anggota Mapala IAIN Palopo terdiri dari 5 anggota aktif dan 2 dewan senior terlibat di dalam ekspedisi tersebut, mereka adalah; Muh. Al-Qadri Syawal , semester 5 FTIK, Muhajir 5/FEBI,Isra Nurfaida 5/FEBI, Muh. Sholatain 3/FEBI dan Abd. Rahman 3/FTIK serta pendamping Ikhwan Bahning SPd dan Aswin Sakke SKom,I, selaku dewan senior Mapala IAIN Palopo.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memupuk rasa nasionalisme dan kecintaan para pemuda pemudi bangsa terhadap tanah air Indonesia dan merupakan salah satu bentuk rasa kepedulian terhadap lingkungan dan mensyukuri ciptaan Tuhan Yang Maha Esa” ungkap Lalu Imran, Ketua Mapala Palopo periode 2019. (Humas/Jn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *