IAIN Palopo- Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo gelar pembekalan Program Latihan Profesi (PLP) tahun akademik 2019/2020, bertempat di Auditorium IAIN Palopo, Senin (19-20/8/2019)

Pembekalan tersebut merupakan pembekalan FTIK pertama kali yang memiliki jumlah peserta terbanyak dari tahun-tahun sebelumnya, pembekalan yang melibatkan 943 peserta dengan mengkalaborasikan PLP I yang berjumlah 416 orang dan PLP II 507 orang.

Ketua Panitia, Dr Edhy Rustan, menyebutkan PLP kali ini terbagi beberapa item, diantaranya PLP Regular, PLP Terintegrasi dan PLP Internasional, “PLP Terintegrasi 3T yang akan ditempatkan ditiga tempat yaitu, Bastem, Bastem Utara dan Latimojong, sementara PLP terintegrasi internasional akan ditempatkan di kota Kinabalu, Malaisya” tutur Dr Edhy.

Waktu pelaksanaan PLP regular selama 3 bulan, PLP Terintegrasi 3T 2 bulan dan PLP terintegrasi Internasional selama 1 bulan, “PLP Terintegrasi 3T dan PLP Terintegrasi Internasional merupakan program PLP terintegrasi dengan KKN, jadi PLP terintegrasi ini, nantinya tidak lagi mengikuti KKN regular” sebunya.

Dalam sistem pelaksanaan dan pelaporan, terdapat inovasi, FTIK menggunakan sitem jaringan, para mahasiswa akan dipantau kehadirannya disekolah melalui aplikasi sibeddu, katanya.

Dikatakan Ketua Prodi PGMI itu, bahwa program PLP terintegrasi ini, merupakan pengalaman Dekan FTIK sewaktu menjabat sebagai Ketua LP2M serta ruang dan dorongan yang telah diberikannya, sementara PLP Internasional didukung oleh Wadek Bidang Akademik.

Sambutan Dekan FTIK, Dr Nurdin K, bahwa PLP atau PPL kakekatnya kuliah, hanya tempat kuliah bukan lagi di kampus tapi ditempat lain, tahun ini FTIK mendapat kesempatan PLP internasional.

“Penempatannya ada di pelosok, diluar negeri maupun disekitar kita, diharapkan kegiatan ini ananda mendapatkan nilai yang baik, bahwa setiap mahasiswa tidak menganggap biasa kegiatan ini, hendaknya dilakukan maksimal agar mendapatkan hasil maksimal” ucap Dekan.

Atas kerja keras panitia PLP, kali ini berbeda dengan tahun lalu, “karena ini bukan tempatnya dikampus, oleh karena itu ananda persiapkan diri, persiapkan mentalnya, biaya maupun persipan penguasaan materi” singkatnya sembari membuka acara.

Diketahui, pada pembukaan pembekalan tersebut dihadiri Wakil Dekan Bidang Akademik, Munir Yusuf SAg MPd, Wadek Bidang Kemahasiswaan, Dr Hj Nursyamsi, Kabag FTIK, Ridwan SE dan sejumlah Ketua Prodi dan dosen FTIK. (Humas/Jn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *