IAIN Palopo- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo menggelar upacara bendera di Lapangan Aula Serbaguna IAIN Palopo, Sabtu (17/8/2019)

Selain upacara HUT RI, 19 dosen dan tenaga pendidik menerima tanda penghormatan satyalacana karya satya dari Presiden RI, Joko Widod, yang disematkan oleh Rektor IAIN Palopo, Dr. Abdul Pirol.

Penghargaan tersebut diberikan kepada dosen dan tenaga pendidik yang telah mengabdi selama 10 tahun dan 20 tahun yang dianggap memiliki kejujuran, kedisiplinan dan kecakapan dalam lingkup kerja IAIN Palopo.

Dalam sambutan seragam Presiden RI dalam rangka HUT RI yang disampaikan oleh Rektor, Dr. Abdul Pirol, yang bertindak selaku Inspektur Upacra, mengungkapkan bahwa, kemerdekaan RI ke-74 tidak hanya dimaknai sebagai lepasnya bangsa Indonesia dari belenggu penjajahan, namun merdeka bukanlah akhir dari suatu perjuangan.

“SDM bangsa Indonesia harus unggul sehingga dapat bersaing secara global, terlebih ketika memasuki era industri 4.0, kemajuan industri di Indonesia harus didukung dengan peningatan sumber daya manusia, peningkatan SDM tersebut dapat ditempuh dengan perbaikan pendidikan, menjalankan kemajuan teknologi seiring dengan kemajuan industri 4.0” sebutnya.

Usai menutup sambutan Presiden RI, Rektor menyampaikan selamat kepada 19 ASN yang telah menerima penghargaan satyalacana karya satya dari Presiden, “tentu saja ini bukan hanya masa kerja tapi juga melihat apa yang menjadi substansi dari masa kerja kita itu, saat ini kita harus dapat mengikuti perkembangan zaman, life long lining harus menjadi semangat kita, bagaimana inovasi dan kreativitas harus menjadi prinsip” terang Rektor.

Ia juga mengingatkan tiga mantra Kemenag RI yaitu; moderasi beragama, hakekatnya bagaimana keberislaman kita sejalan dengan semangat kita untuk melestarikan persatuan RI.

“Kedua kebersamaan, kalau kita terjemahkan dalam filosofi leluhur kita maka kita akan ketemu dengan prinsip, sirui menre atau siwatang menre, tessirui ‘nno, bagaiman kita saling menguatkan, saling mengangkat, bukan saling menjatuhkan dan bagaimana setiap orang memberikan yang terbaik” katanya.

Ketiga, integrasi data diaharapnya kedepan IAIN Palopo memiliki big data atau mini google, “semacam kamus lengkap, apapun kita cari tentang IAIN Palopo semua ada di big data itu, dengan adanya big data IAIN itu, tentu sangat membantu kita maupun pelanjut kita kedepan” tutur Rektor sembari menutup amanatnya. (Humas/JN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *