IAIN Palopo– Mahasiswa Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo yang sedang melaksanakan Program Pengalaman Lapangan (PPL) di kantor Kelurahan Balandai, bersama-sama Lurah Balandai, Hamsir SSos melakukan pembinaan kepada masyarakat utamanya dalam bidang keagamaan.

Pembinaan yang diawali dengan pendataan yang dilakukan oleh mahasiswwa semester 7 tersebut dilakukan dengan cara datang langsung ke rumah warga atau disebut door to door.

Hamsir yang secara langsung mengarahkan sekaligus mengawasi mahasiswa yang sedang melaksanakan PPL di kantornya tersebut, diajarkan untuk mengambil data dari warga dengan melakukan pendataan terhadap jumlah KK dan kemajemukan beragama di suatu RT/RW di wilayahnya.

“Jadi yang didata adik-adik ini adalah jumlah KK yang ada di RT 2, 3, dan 4 sekaligus memasukkan data-data mengenai kemajemukan beragama di wilayah kelurahan Balandai,” sebutnya.

Ia mengatakan, sengaja berkaloborasi dengan mahasiswa PPL karena dengan adanya mahasiswa, pembinaan yang dilakukan bisa lebih efektif apalagi dengan menggunakan sistem door to door. “Kebetulan mahasiswa ini lagi PPL di kantor, jadi saya ajak dia mengenal tugas-tugas cara melayani masyarakat,” kata Hamsir.

Diketahui, jumlah KK di RT 2 Balandai berjumlah 75 KK. Di RT 3 terdapat 46 KK dan di RT 4 terdapat 77 KK yang menjadi objek pembinaan mahasiswa PPL dan Lurah Balandai saat ini. “Selain melibatkan mahasiswa PPL IAIN, kami juga melibatkan organisasi keislaman lainnya seperti Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) yang dipusatkan pembinaannya di Rante setiap hari Minggu.

Adapun pembinaan keagamaan yang diberikan kepada masyarakat disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan agama yang dianutnya. “Kalau dia Islam kita bina dengan metode Islam, kalau dia non kita melibatkan pendetanya maupun tokoh agamanya untuk turut langsung membimbing umatnya, itu semua kami lakukan selaku pemerintah agar tercipta situasi yang aman dan tidak senantiasa terprovokasi oleh apapun,” tutupnya.(ali/jn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *