IAIN Palopo- Fakultas Syariah (Fasya) Program Studi (Prodi) Hukum Ekonomi Syariah (HES) dan Prodi Hukum Tata Negara (HTN) kunjungan studi di Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 6 Sulawesi, Maluku dan Papua, Jl. Sultan Hasanuddin No 3-5 Makassar, Rabu (7/8/2019)

Dengan mengusung tema edukasi keuangan, kunjungan studi tersebut bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa dalam kaitannya fungsi, tugas OJK serta kaitan jasa keungan di Indonesia.

Ketua Prodi HTN, Dr. Anita Marwing, S.HI., M.HI., selaku pendamping menyebutkan, total mahasiswa dalam kunjungan tersebut berjumlah 39 orang terdiri dari Prodi HTN dan Prodi HES angkatan 2016 dan juga didampingi Muh. Darwis, M.Ag. dan Nirwana Halide, S.HI., M.H.

”Kunjungan mahasiswa disambut langsung oleh direktur pengawasan lembaga jasa keuangan OJK bapak Dani Surya Sinaga sekaligus memberikan materi. Beliau menyampaikan bahwa fungsi, tugas dan wewenang OJK terdiri dari 3 M yaitu Mengatur, Mengawasi dan Melindungi” kata Dr. Anita Marwing.

Ditambahnya, dalam aspek melindungi, berkaitan dengan perlindungan hukum konsumen. Selain itu, OJK juga memiliki fungsi edukasi, dan terpenting peran OJK dalam kemunculan fintech di era digitalisasi.

“Pihak OJK berharap, OJK dapat memberikan rasa aman bagi para penggunanya dan diharapkan adik-adik mahasiswa, dapat mensosialisasikan ke masyarakat agar tidak menjadi korban fintech illegal” tambah Dr. Anita marwing.

Sementara, Dr. Anita Marwing sendiri berharap, dalam kunjungan studi ini, merupakan langkah awal kerjasama antara Fasya dengan OJK, “kunjungan ini disambut baik Direktur OJK, kedepan pihak OJK dapat menjadi narasumber pada kuliah umum dan kegiatan lainnya di Fasya” pungkasnya. (Humas/Jn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *