IAIN Palopo- Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo gelar pembekalan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Auditorium IAIN Palopo, Kamis (25/7/2019)

Pembekalan PKL yang diikuti 400 mahasiswa Program Studi (Prodi) Ekonomi Syariah dihadiri Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. Muammar Arafat, Kepala Dinas Persandian dan Statistik Kota Palopo, Renaldi, SE., M.M., Wakil Dekan FEBI Bidang Administrasi Umum Akademik dan Perencanaan dan sejumlah dosen FEBI.

Ketua Pnitia, Arsyad, menyebutkan pembekalan berlangsung tiga hari dengan enam materi pembekalan, materi pertama Operasionalisasi Lembaga Birokrasi dan Playanan Publik Pemerintah Kota Palopo dibawa oleh Kepala Dinas Persandian dan Statistik Kota Palopo, Renaldy, SE., MM. yang diikuti mahaiswa semester 4 dan 6 Program Studi Ekonomi Syariah.

“Peserta PKL ini akan ditempatkan di Dinas dan Pengusaha TDA di beberapa titik Se-Luwu Raya selama 30 hari masa pengabdian” sebutnya.

Setelah pembekalan, peserta PKl akan ditugaskan untuk membantu instansi dan pengusaha TDA dalam bidang bisnis digital, ini sesuai profil lulusan Ekonomi Syariah yaitu sebagai analisisi kebijakan, perencanaan ekonomi, entrerpreneur dan peneliti di bidang ekonomi, katanya.

Sementara, sambutan Rektor diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. Muammar Arafat, menyampaikan informasi perkembangan IAIN Palopo bahwa mahaiswa IAIN Palopo patut bangga dengan capaian posisi kelima dalam publikasi bereputasi scopus.

Ia menerangkan pentingnya berinteraksi dengan dunia luar dengan menyandingkan teori dengan praktek lapangan.

“Teori itu penting yang didukung oleh praktek, ini tidak bisa dipisahkan, harus saling melengkapi, analoginya sepandai-pandai tukang jahit akan memulai jahitannya dengan pola” terangnya.

Ditambahnya, bahwa Tridharma perguruan tinngi yang dijalankan FEBI sudah sangat baik dari penelitian maupun pengabdian pada masyarakat yang sudah sampai ke plosok desa, PKL ini bentuk komprehensif pembelajaran.

“Kami berharap, ananda yang akan terjun dilapangan tidak lengah dengan ciri mahasiswa IAIN palopo yang terintegrasi dengan ilmu dunia dan ilmu akhirat” pungkasnya sembari membuka pembekalan PKL secara resmi. (Humas/JN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *