IAIN Palopo- Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Palopo, Muh. Ruslan Abdullah, menjalani promosi doktor di Aula Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Selasa (23/7/2019)

Muh. Ruslan Abdullah menjalani sidang promosi untuk meraih gelar doctor dalam bidang Ekonomi Islam, mempertahankan disertasinya dengan judul “Pengelolaan Zakat dalam Pendekatan Quality Assurance Studi pada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Palopo”

“Dengan memohon kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Mahasa Esa, sidang terbuka promosi untuk meraih gelar doctor Ekonomi Islam atas nama Muh. Ruslan Abdullah pada hari ini, Selasa 23 Juli 2019, kami nyatakan dibuka untuk umum” ujar Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, M. A., P h.D.

Memulai paparannya, Muh. Ruslan menyebutkan bahwa, pesatnya pertumbuhan lembaga yang tidak diikuti kepatuhan agama, regulasi, dan cenderung mengabaikan peningkatan tata kelola zakat. Persoalan pegelolaan zakat tersebut menarik perhatian para ahli dan akademisi untuk melakukan riset.

Dalam disertasianya, Muh. Ruslan menyimpulkan, Baznas memiliki kewenangan dalam UU nomor 23 tahun 2011 tentang pegelolaan zakat, akan tetapi belum dapat memaksimalkan fungsi zakat. Dipahami zakat adalah salah satu instrument untuk menyelesaikan permasalahan ekonomi seperti kemiskinan dan pengangguran.

“Perlunya Quality Assurance (QA) dalam pengelolaan zakat. QA berfungsi menilai dan melakukan verfikasi terhadap kegiatan yg dilakukan oleh amil zakat dan QA megarahkan pengelolaan zakat yg terstandarisasi. Sehingga kedepan terbentuk unit/badan yang dapat menjamin mutual pengelolaan zakat” papar Muh. Ruslan dihadapan 10 tim penguji.

Usai diuji, Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi menutup sidang dengan menyatakan Muh. Ruslan meraih gelar Doktor dengan menyandang predikat Sangat Memuaskan yang disaksikan sejumlah peserta.

Kesempatan itu, turut hadir Dekan FEBI, Dr. H. Ramlah, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Takdir, Wakil Dekan Adminitrasi dan Kuangan FTIK Dr. Ria Warda, Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Syariah Dr. Helmi Kamal. dan sejumlah dosen IAIN Palopo. (Humas/Jn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *