IAIN Palopo- Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo lakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pembinaan dan pemberdayaan masyarakat Kecamatan Bara Kota Palopo, Rabu (24/7/2019)

Penadatanganan berlangsung di Aula Kecamatan Bara, dihadiri Rektor IAIN Palopo, Dr. Abdul Pirol, Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Palopo, Drs. Jamaluddin, Camata Bara, Irwanto Napeng, Kapolres Kota Palopo dan sejumlah perangkat Kecamatan, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Camat Bara, Irwanto Napeng dalam laporannya menyebutkan, bahwa tujuan kerjasama kec. Bara dengan FUAD merupakan bentuk pengabdian IAIN Palopo di masyarakat dan salah satu bentuk controlling pada mahasiswa dan masyarakat kec. Bara.

Ia berharap Mou ini secara komprehensif dan dapat berkelanjutan, “kec. Bara adalah awal, semoga kota Palopo kedepannya secara globa lakukan MoU bersama IAIN Palopo” pungkasnya.

Sambutan Rektor, Dr. Abdul Pirol, menyampaikan perkembangan IAIN Palopo, bahwa IAIN Palopo memiliki 4 Fakultas dengan 20 Program Studi bersama Pascasarjana, tahun ini IAIN Palopo memiliki sembilan ribu mahasiswa dengan penambahan dua ribu mahasiswa baru.

“Tahun ini kami akan mengajukan IAIN menjadi UIN dengan kapasitas mahasiswa tersebut dari tahun ketahun bertambah, tentu IAIN dapat berkembang menjadi UIN” ucap Rektor.

Sebagai bentuk kontribusi Tridharma Perguruan Tinggi (PT) bahwa apa yang telah dilakukan FUAD ini merupakan salah satu amanah PT, kata Rektor.

Rektor menambahkan, bahwa IAIN Palopo merupakan institusi pemerintah yang menjaga dan mendukung konstitusi pemerintah yang sejalan NKRI, IAIN menguatkan paham moderat yang mempersatukan masyarakat berbagai macam suku dan agama.

“Kami mendorong IAIN Palopo untuk memberi warna yang sangat mencolok pada kec. Bara khususnya dalam bidang pendidikan” tutupnya.

Sementara sambutan Walikota diwakili Sekda kota Palopo Drs. Jamaluddin, menyampaikan bahwa pemerintah kota Palopo patut berbangga dengan hadirnya IAIN di kota Palopo, sebagai perguruan tinggi yang mengajarkan dua hal yaitu ilmu dunia dan ilmu akhirat/agama.

Menurutnya pendidikan yang hebat sekarang yaitu tammatan dari PT yang mengajarkan ilmu dunia dan agama, “kalau kita kerjasama IAIN Palopo tentu kita tidak hanya diajarkan ilmu ekonomi, teknologi, komunikasi tapi juga diajarkan ilmu agama. Pemerintah kota Palopo sangat mengapresiasi dan atas prakasta IAIN Palopo pada kec. Bara” singkatnya. (Humas/JN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *