IAIN Palopo- Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) Sharia Economic Association (SEA) IAIN Palopo selaku tuan rumah sukses menggelar Regional Training of Trainer. Kegiatan yang dikoordinatori langsung oleh Forum Silaturahmi Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) Provinsi Sulawesi Selatan dan Papua ini berlangsung selama dua hari yakni, 13-14 Juli 2019.

Dalam kegiatan tersebut, keluar nama sebagai peserta terbaik yakni, Siti Saleha dari KSEI Forkeis UIN Alauddin Makassar dan KSEI ISEC Majeni.

Berdasarkan kriteria penialaian, kedua peserta terbaik ini dinilai dari tingkat keaktifannya dalam forum dan keloyalitasannya dalam mengikuti kegiatan ini. “Keduanya juga sangat disiplin dalam kegiatan RTT ini, terutama disiplin waktu,” kata Humas RTT 2019, Andi Siti Nurbaya Sari, Senin 15 Juli 2019.

Sementara itu, yang membuka kegiatan ini yakni Rektor IAIN Palopo, Dr Abdul Pirol MAg diwakili Wakil Dekan 3 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Dr. Takdir dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat sekali terutama kepada peserta RTT 2019. Menurutnya, penerapan ekonomi syariah di Indonesia harus digaungkan yang harus diawali dari diri kita sendiri, keluarga, hingga kampus yang harus menggunakan bank syariah bukan bank konvensional.

“Sangat sulit kita menggaungkan ekonomi syariah kalau dari diri kita sendiri saja belum menggunakan bank syariah tetapi masih menggunakan bank konvensional, tentu harus ada perubahan,” ucapnya.

Kegiatan yang telah berlangsung selama dua hari tersebut diisi dengan materi-materi RTT berupa Islam dan dasar-dasar ekonomi Islam, sejarah pemikiran ekonomi Islam kontemporer, fiqih muamalah kontemporer, Ziswaf, Lembaga Keuangan Syariah (LKS), mentorship, dan micro teaching.

Adapun yang berpartisipasi dalam kegiatan yang bertema “Akselerasi Kompetensi Sumber Daya Manusia Ekonomi Islam Melalui Peningkatan Keilmuan Ekonomi Islam” ini di antaranya, KSEI SEA UIN Alauddin Makassar, KEI FOSEI Unhas Makassar, KSEI FENS IAIN Parepare, KSEI, FRESH IAIN Parepare, KSEI rumah EKIS IAIN Bone, KSEI SEA IAIN Palopo, KSEI FORSEI UMI Makassar, dan KSEI FOSES UNISMUH Makassar.(ali)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *