IAIN Palopo- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo menggelar rapat koordinasi dan struktur Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah tahun 2019, kegiatan berlangsung di Aula Rektorat lantai III, Sabtu (15/6/2019)

Acara dihadiri Wakil Rektor II, III, Guru Besar IAIN Palopo, Prof. Dr. H. M. Said Mahmud, Lc., MA., Prof. Dr. Hamsah K, M. HI. dan para Dekan Fakultas serta dosen lingkup IAIN Palopo.

Rapat dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr. Muammar Arafat, S.H., M.H., dalam sambutannya, Ia mengungkapkan bahwa IAIN Palopo salah satu PTKIN yang terpilih sebagai salah satu pelaksana PPG dalam jabatan guru PAI tahun 2019.

Menurutnya, pelaksanaan PPG dalam jabatan guru PAI hanya diamahkan beberapa kampus PTKIN se-Indonesia yang tergolong besar, tahun ini hanya dua kampus di Sulawesi Selatan dalam
pelaksana PPG.

“Sebagagai salah satu kampus yang diamanahkan oleh Kemenag RI, tentunya kita harus menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya” pungkas Warek I.

Munir Yusuf, S. Pd., M.Pd., selaku petunjuk teknis, menyampaikan bahwa, PPG 2019 menggunakan sistem yang serupa dengan UNBK di madrasah, yaitu CBT, sistem ini dirasa cocok, mengingat sangat efektif saat UMBK.

Ia mengungkapkan PPG di IAIN Palopo memegang tanggung jawab yaitu, mengajar dalam hal jaringan, melaksanakan lokakarya dan PPL dan di dalam pelaksanaan pembelajaran ini ada 16 modul, yang terbagi 8 modul profesional, 6 modul pedagogik ditambah 2 modul lokakarya.

“Pelaksanaan pembelajarannya yang berada dalam jaringan itu selama tiga bulan, setiap dosen kita distribusikan bertanggung jawab satu modul” terang Munir. (Humas/jeff)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *