IAIN Palopo- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo berpeluang beralih status menjadi Universitas Islam Negeri (UIN). Hal tersebut disampaikan Rektor IAIN Palopo, Dr Abdul Pirol, saat memberikan sambutan pada peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW belum lama ini di Auditorium Phinisi Sawerigading IAIN Palopo.
 
Dikatakannya, baru-baru ini saat bertemu dengan Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Agama Islam (Pendis), Dr Kamaruddin Amin, saat itu dirinya diberitahu bahwa IAIN Palopo berpeluang lebih cepat untuk alih status menjadi UIN. Tentunya dengan mempersiapkan segala syarat yang ada, salah satunya, pembentukan fakultas umum.
 
Untuk itu, Rektor menghimbau kepada seluruh jajaran yang ada agar menyamakan visi yang sama, menampilkan kinerja yang terbaik. Karena yang namanya pemimpin bekerja untuk mencapai suatu tujuan.
 
“Tentu kita harapkan seluruh elemen yang ada, untuk berjalan bersama, berfungsi sebagaimana tugas yang ada” tambahnya.
 
Sementara itu, Guru Besar IAIN Palopo, Prof. Dr. H. M. Said Mahmud, Lc, M.Ag yang tampil memberikan ceramah hikmah peringatan Isra dan Mi’raj menekankan peningkatan ibadah salat yang sesuai dengan sunnah rasul, Nabi Muhammad SAW. Dikatakannya, pemuda yang memperhatikan salatnya, tepat waktu dan sangat khusuk maka mereka itulah calon-calon pemimpin.
 
Diungkapkan Prof. Said, dalam tubuh manusia berdasarkan ilmu pengetahuan, ada energi listrik. Maka ketika seseorang di waktu subuh, dari bangunnya, mengambil air wudhu membasahi wajah dan tubuh lainnya, maka air tersebut dengan energi listrik akan memberikan ransangan. Sehingga membuat seseorang tidak malas, apatis, dan lainnya. 
 
“Jadi ada ransangan alam spritual, partikel-partikel yang ada mendoorngnya untuk tidak malas, tentu menjalankan shalat  dengan secara benar,” terangnya.
 
Turut hadir pada kegiatan tersebut, para pejabat IAIN, para dosen serta mahasiswa. Di akhir acara dirangkaikan pengucapan selamat kepada Dr. Abdul Pirol atas dilantiknya sebagai Rektor IAIN Palopo masa bakti 2019-2023 (ich/jeff)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *