IAIN Palopo- Wisuda sarjan dan magister ke–26 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo tahun akademik 2018/2019 digelar di Auditorium IAIN Palopo, Kamis (28/2/2019)

Rapat senat dibuka Prof. H. M. Said Mahmud, Lc. MA diteruskan laporan Rektor IAIN Palopo Dr. Abdul Pirol, M.Ag. Diawal laporannya mengucapkan terima kasih pada Sekertaris Ditjen Pendidikan Islam Kementrian Agama RI Dr. H. Imam Safe’i, M.Pd yang telah bersedia membawa orasi ilmiah.

Laporannya, mengatakan sarjan IAIN Palopo memiliki tanggung jawab ganda dalam hal ini tidak hanya memiliki kopetensi sesuai jurusannya tetapi juga tanggung jawab keulamaan, IAIN Palopo menaruh harapan pada alumni, berkontribusi dalam hal positif pada almamater dan diharapkan alumni ikhlas sepenuh hati menjaga tanggung jawab.

“Tak kurang pentingnya bahwa IAIN Palopo adalah sebagai satu-satunya kampus negeri yang merupakan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di seluruh Indonesia mengarus utamakan paham Islam yang moderat yang dikenal sebagai Islam Wasatiyyah yakni paham Islam yang sejalan dengan karakter bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) karenanya IAIN Palopo menjadi garda depan dalam merawat NKRI yang berdasar Pancasila dan Undang-Undang Dasar RI tahun 1945 dengan itu berbagai ide dan paham yang bukan Pancasila dipahami sebagai sesuatu yang tertolak” tegasnya.

Dalam menutup laporannya Dr. Abdul Pirol mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan/i dan keluarga atas keberhasilan meraih cita-citanya semoga ilmu yang diperoleh dapat menjadi berkah untuk kita semua dan terima kasih tak terhingga pada segenap jajaran pemerintah Kota Palopo.

Orasi Dr. H. Imam Safe’i, M.Pd, kita syukur sebagai bangsa Indonesia dimana kita beda-beda suku, agama, paham, budaya tapi kita mampu merawat kebersamaan yang disebut Bagsa Indonesia. “Sebagai lulusan PTKIN ciri-cirinya pandai bersyukur, berani bercita-cita besar dan terima kasih pada jajaran Civitas Akademik IAIN Palopo atas kerjasamanya dengan baik”. Menutup orasinya Rektor IAIN Palopo berikan cendera mata sebagai tanda ucapan terima kasih.

Sementara sambutan Wali Kota Palopo diwakili Kepala Badan Kesbangpol Baso Sulaiman menyampaikan bahwa dunia pendidikan di Kota Palopo saat ini telah mengalami kemajuan. IAIN Palopo satu-satunya perguruan tinggi negeri yang turut ada didalamnya.

“Tentu dengan hadirnya perguruan tinggi ini telah membawa dampak positif pada kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kota Palopo” tandasnya.

Berlangsung, Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Rustan, M. Hum membacakan keputusan Rektor IAIN Palopo wisuda dan magister tahun akademik 2018/2019, memutuskan sebanyak 256 wisudawan/i dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), 36 orang Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD), 80 orang Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), 24 orang Fakultas Syariah (FASYA) dan sebanyak 41 wisudawan/i Pascasarjana.

Dan menetapkan wisudawan terbaik sarjana dan magister tahun akademik 2018/2019. Wisudawan terbaik dari FTIK Ardianto Prodi Pendidikan Agama Islam IPK 3,80, FEBI Nurjannah Prodi Perbangkan Syariah IPK 3,76, FASYA Yoga Ardiansyah Prodi Hukum Keluarga IPK 3,78, FUAD Nurlina Prodi Bimbingan Konseling Islam IPK 3,68 dan Program Pascasarjana Andi Nurjihad Prodi Pendidikan Agama Islam IPK 3,79. Sempat pula Rektor IAIN Palopo menyerahkan plakat kelima wisudawan terbaik dan diberikan masing-masing 2 juta rupiah.

Rapat senat terbuka wisuda dan magister tahun akademik 2018/2019 diakhiri dengan pembacaan ikrar alumni dan penyerahan nama-nama alumni kepada Dr. Abbas Langaji, M. Ag selaku ketua ikatan alumni. (HUMAS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *