Workshop Pengembangan Kurikulum Prof. Dr. H. Sutrisno, M.Ag Wakil Rektor 1 UIN Sunan Kalijaga Berbagi Pengalaman

IAIN Palopo- Workshop Kurikulum Pendidikan Tinggi Berbasis KKNI, Penyusunan RPS dan SKPI dibuka langsung Rektor IAIN Palopo Dr. Abdul Pirol, M.Ag di Aula Rektorat lantai III, Rabu (20/2/2019)

Berdasarkan undang-undang nomor 12 tahun 2012 serta perpres nomor 8 tahun 2012 maka dalam penyusunan dan pengembangan kurikulum perguruan tinggi harus mengacu kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yaitu kerangka penjenjangan kualifikasi kompotensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompotensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan diberbagai sektor.

Dalam sambutan Rektor IAIN Palopo mengatakan perguruan tinggi kita mengikuti aturan-aturan yang berlaku dan harus diiplementasikan dalam kampus, terhadap keilmuan yang kita miliki saat ini, tentu perlu kita tinjau secara luas.

“Terima kasih pada Prof. Sutrisno hadir mengisi kegiatan kita jauh-jauh dari Yogyakarta dan terima kasih juga pada bapak ibu dosen, mari kita ikuti kegiatan ini secara saksama dan semoga acara ini dapat memaksimalkan untuk kepentingan-kepentingan pengembangan IAIN Palopo” menutup sambutannya seraya membuka acara.

Dalam pemaparan Prof. Sutrisno ia berbagi pengalaman dari Universitas Islam Negeri (UIN) Yogyakarta, ia menegaskan suatu sistem jika tidak dibangun secara kuat itu sangat susah untuk pengembangan kurikulum karena dalam pengembangan kurikulum itu memiliki syarat.

“Dalam implementasi penjamin mutu instruksi akreditasi nasional Perguruan Tinggi (PT) itu harus berjalan terstruktur dengan baik mulai dari nilai-nilai dasar perguruan tinggi, visi misi, tujuan, rencana induk pengembangan (RIP), rencana strategis, kurikulum, sasaran PT dan sasaran mutu pada perguruan tinggi tersebut” terangnya.

Dr. Muhaemin, MA selaku moderator pada kesempatan itu membuka sesi tanya jawab diakhir pemaparan Prof. Sutrisno. Workshop yang digelar oleh Lembaga Penjamin Mutu (LPM) IAIN Palopo berlangsung 21 februari. (HUMAS)

                   

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *