Pembukaan Kuliah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo Semester Genap Tahun Akademik 2018/2019

.
IAIN Palopo- Pembukaan kuliah dan kuliah umum yang dibawa oleh Prof. Dr. H. Sutrisno, M. Ag Wakil Rektor 1 Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan tema “Integrasi Keilmuan di Era Revolusi Industri 4.0” digelar di Auditorium IAIN Palopo diikuti lebih dari 700 peserta mahasiswa dan dosen, Rabu (20/2/2019).
Acara yang digelar didahului dengan tarian persembahan dari prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) dan tarian dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Sibola dilanjutkan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Aksan Takwim dan Pembacaan do’a Dr. H. Haris Kulle, Lc., M.Ag.
Acara tersebut juga dihadiri guru besar Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo Prof. Dr. H. M. Said Mahmud, Lc., M.A, Prof. Dr. Hamzah Kamma, MHI, Wakil Rektor I, II, III dan Kepala Biro IAIN Palopo.
Memulai materinya Prof. Sutrisno memuji keindahan kota Palopo. Dalam pemaparannya untuk mengembangkan sains dan teknologi di era milenial sekarang yang tidak bisa dihindari, kita harus mampu menyesuaikan diri namun tetap kembali pada nilai-nilai dasar Islam.
Salah satu fungsi ananda mahasiswa kuliah di IAIN Palopo ini adalah untuk memutus mata rantai kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan melalui pendidikan karena yang menentukan perubahan itu ananda semua.
“Kemiskinan bisa diputus oleh pendidikan dan seharusnya tujuan kuliah kita memiliki visi. Visi tidak hanya dimiliki oleh sebuah lembaga tetapi para ananda semua harus memiliki visinya, memiliki giroh, iman, keyakinan, semangat, daya saing yang kuat karena sukses atau tidaknya mahasiswa dikampus biasanya ditentukan oleh visi hidupnya” jelasnya
Era revolusi industri 4.0 (four points zero) kita harus mengoptimalkan kecerdasan yang diberikan Allah pada kita, cerdas memanfaatkan capital dan yang terpenting dari itu bagaimana merubah pola pikir kita.
Prof. Sutrisno menutup kuliah umumnya diharapkan alumni perguruan tinggi khusus alumni IAIN Palopo memiliki kepribadian/karakter islami, mental juang tinggi, memiliki jiwa entrepreneurship, jiwa menejer, keterampilan berkomunikasi, berbahasa dan keterampilan dalam teknologi.
Sementara sambutan Rektor IAIN Palopo Dr. Abdul Pirol, M.Ag sekaligus membuka secara resmi Pembukaan Kuliah Semester Genap 2018/2019 sekaligus pelepasan secara resmi mahasiswa KKN IAIN Palopo ANG. XXXV 2019.
Diawal sambutannya ia sangat berterima kasi pada Prof. Sutrisno yang berkenan untuk datang di kota Palopo dan berpesan pada mahasiswa KKN untuk menjaga, nama baik orang tua, diri sendiri maupun almamater.
“Karena itu selama disana tunjukkkanlah yang terbaik, berikanlah kinerja yang baik pula, disamping itu yang tak kalah pentingnya ananda harus sabar menjalani kegiatan KKN serta diikuti dengan keikhlasan dan saya harapkan pada ananda semua menunjukkan diri sebagai mahasiswa perguruan tinggi Islam, memelihara akhlatul karima, sopan santun, dan juga menghindari hal-hal yang dapat merusak kampus kita”
Ia juga sempat menyampaikan amanah/pesan guru besar IAIN Palopo Prof. Said Mahmud, yang pertama diharapkan pada warga kampus memelihara sikap ilmiah, akhlatul karimah, pergaulan yang islami.
Kedua memelihar sikap disiplin, memelihara salat berjamaah di masji terutama pada laki-laki.
Ketiga kampus IAIN Palopo wajib kita jaga kebersihannya tidak membuang sampah pada tempatnya dan diharapkan pada warga kampus untuk meninggalkan kebiasaan merokok karena kampus kita wajib bebas asap rokok.
Keempat jangan ada warga kampus yang pacaran, tidak berboncengan pada yang bukan mahromnya dan yang kelima kampus kita adalah kampus islamiah, kampus ukhua mari kita jaga.
“Selamat kepada mahasiswa kita yang akan mengikuti kuliah, selamat kepada ananda yang akan KKN dan khususnya terima kasih pada Prof. Sutrisno atas nasehat yang telah diberikan pada ananda kita” menutup sambutannya.
Acara ditutup dengan pengumuman nama-nama mahasiswa berprestasi tahun akademik 2018/2019 ke-4 Fakultas dan Pascasarjana dan pengumuman pengunjung terbaik perpustakaan. (HUMAS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *