Kegiatan Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) ke-18 yang diselenggarakan di Kota Palu Sulawesi Tengah akan berlangsung selama 4 hari sejak tanggal 17 sampai dengan 20 September 2018. Sebelum acara pembukaan yang rencananya akan dibuka langsung oleh bapak Menteri Agama Republik Indonesia pada tanggal 18, beberapa acara telah mulai dilaksanakan, salah satunya adalah acara “On Stage Discussion”.

Pada acara ini, bapak Dirjen DIKTIS KEMENAG RI, Prof.Dr. M. Arskal Salim, GP langsung bertindak sebagai host. Beberapa tokoh juga hadir sebagai pembicara pada acara ini diantaranya Prof. Dr.Phil. H. Kamaruddin Amin, M.A. (Dirjen PENDIS KEMENAG RI), Dr. Siti Ruhaini Zuhayatin, M.A. (Staf Khusus Presiden RI), Prof. Dr. H.M. Amin Abdullah (UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta), Prof. Dr. Oan Fathurahman, M.Hum. (Staf Ahli Menteri Agama RI). Prof. Dr. Azyumardi Azra, MA., CBE., Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, juga diagendakan untuk hadir sebagai pembicara pada acara ini, namun sampai acara berakhir, beliau tidak dapat hadir untuk menyampaikan ceramahnya.

Dihadapan ratusan audiens yang memadati gedung Auditorium tempat acara berlangsung, para pembicara menyampaikan ceramah yang berkaitan dengan tema “The Current Development of Islamic Studies”. Antusiasme para audiens pun sangat tinggi, beberapa audiens dari berbagai Pertguruan Tinggi juga aktif menyampaikan pertanyaan kepada narasumber yang memang membahas tema yang cukup menarik, menyangkut perkembangan kontemporer kajian keislaman. Acara ini berlangsung selama empat jam, dimulai pada pukul 19.00 WITA dan berakhir pada pukul 21.00 WITA. (mi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *