Kegiatan AICIS XVIII yang diselenggarakan di kota Palu provinsi Sulawesi Tengah, resmi dibuka oleh Menteri Agama Republik Indonesia, H. Lukman Hakim Saifuddin pada hari Kamis tanggal 18 September 2018 pukul 09.00 WITA. Acara pembukaan yang dilaksanakan di Hall Hotel Mercure Palu berlangsung khidmat dan kondusif. Ribuan peserta dan tamu undangan memenuhi Hall tempat pembukaan kegiatan berlangsung. Acara ini sendiri berlangsung selama 4 hari sejak tanggal 17 sampai dengan 20 September 2018, dimana IAIN Palu bertindak selaku tuan rumah.

Serangkaian dengan acara pembukaan, acara kemudian dilanjutkan dengan orientasi tema konferensi oleh Prof. Noorhadi Hasan, M.A., M.Phil., Ph.D., setelah itu dilanjutkan dengan seminar yang menghadirkan dua orang keynote speaker yaitu Bapak Menteri Agama sendiri dan Prof. Dr. Dominik M. Muller (Max Planck Institute for Social Anthropology, Germany). Pada siang harinya, kegiatan dilanjutkan dengan 4 sesi Special Panel yang dilaksanakan di dua gedung auditorium yang masing-masing secara berurutan membahas tema Islam and the Globalizing World, kemudian Contemporary Trends of Islamic Studies in Iran and Indonesia, The Current Development of Islam in South-East Asia, dan The Dynamic of Islamic Studies in Middle East.

Pada hari ketiga, acara dilanjutkan dengan kegiatan open panel, dimana para pemakalah yang telah melalui proses seleksi sebelumnya dan kemudian ditetapkan sebagai peserta, mempresentasikan makalahnya di depan para peserta open panel yang terdiri dari para dosen, peneliti, dan mahasiswa. Kegiatan open panel ini terbagi ke dalam 61 sesi di 16 ruangan di gedung SBSN IAIN Palu. Salah seorang dosen IAIN Palopo yakni Muh. Irfan Hasanuddin, S.Ag., MA juga hadir sebagai pemakalah pada acara open panel ini. Dalam presentasinya, beliau membahas makalah yang berjudul “Female Ulama: Mediating Religious Authority and Limited ‘Islamic’ Public Sphere in Contemporary Indonesia”.

Sebagai bentuk dukungan terhadap penyelegaraan AICIS XVIII, IAIN Palopo mengutus 15 orang peserta yang dikawal langsung oleh Bapak Rektor IAIN Palopo, Dr. Abdul Pirol, M.Ag. Bahkan turut hadir pula beberapa orang dosen dan unsur pimpinan fakultas serta prodi di lingkungan IAIN Palopo yang berangkat secara mandiri untuk meramaikan dan berpartisipasi dalam kegiatan AICIS XVIII.

AICIS XVIII resmi ditutup oleh Rektor IAIN Palu pada tanggal 19 September 2018, pukul 17.30 di auditorium IAIN Palu. Penutupan ini dilaksanakan satu hari lebih cepat dari jadwal, mengingat seluruh rangkaian acara telah tuntas dilaksanakan hingga tanggal 19 September. Kemudian pada hari berikutnya, tanggal 20 September 2018, waktu yang lowong kemudian dimaksimalkan untuk kegiatan city tour yang diikuti oleh para peserta AICIS VIII dengan difasilitasi oleh panitia dari IAIN Palu. (mi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *