Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo memperingati Milad Emas dengan menggelar jalan sehat serta Focused Group Discussion (FGD), Minggu 24 Juni 2018.

Adapun Jalan Sehat yang digelar mengambil rute dari Lapangan Gaspa Palopo hingga Auditorium Phinisi sawerigading IAIN dengan melewati beberapa jalur, salah satunya jalang lingkar timur yang tembus langsung Auditorium IAIN Palopo. Kegiatan tersebut begitu antusias diikuti oleh ribuan peserta, yakni civitas akademika, baik para dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan hingga alumni dari berbagai daerah.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut, Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, Rektor IAIN Palopo, Dr Abdul Pirol, MA, Sekkot Palopo, H Jamaluddin Nuhung, SH, MH, Guru Besar IAIN, Prof Dr HM Said Mahmud, Lc, MA, Prof Dr Hamzah Kamma, M.HI, Wakil Ketua DPRD Lutim, Herdinang, Wakil Rektor serta civitas akademika lainnya.

Setelah melaksanakan jalan sehat, civitas akademika IAIN melanjutkan dengan kegiatan Fokused Group Discussion (FGD) di Auditorium IAIN dengan menghadirkan pelaku sejarah berdirinya STAIN dan IAIN Palopo seperti seperti Dr Syarifuddin Daud, MA, Prof HM Said Mahmud, Lc, MA, dan juga tokoh alumni sebagai pembicara, yakni Wakil Ketua DPRD Lutim, Herdinang dan Sabriati Azis yang juga istri dari anggota DPD RI, Azis Kahar Muzakkar.

Rektor IAIN Palopo, Dr Abdul Pirol, MA menyebutkan bahwa, dirinya sangat bangga dengan kehadiran para alumni dan para tokoh yang hadir pada kegiatan puncak IAIN Palopo, pencerahan-pencerahan yang diberikan menjadi masukan buat pihaknya untuk lebih berkjembang kedepannya. Adapun kegiatan menjadi refleksi bersama akan pencapaian IAIN Palopo selama ini. Kegiatan ini pula menjadi wadah bagi para alumni untuk bersilaturahim tentunya.

Dua alumni yang menjadi pembicara, Herdinang dan Sabriati Azis bernostalgia akan masa-masa ketika menjadi mahasiswa di Fakulltas Ushuluddin IAIN, mereka berterima kasih akan gembelengan yang didapatkan. Banyak hal yang diterima di kampus pada saat itu sangat bermanfaat ketika berada ditengah-tengah masyarakat, seperti Herdinang yang telah menjadi wakil rakyat selama dua periode di Lutim dan Sabriati Azis mendampingi sang suami sebagai senator di DPD RI.

Rektor IAIN Palopo, Dr Abdul Pirol, MA menyebutkan bahwa, dirinya sangat bangga dengan kehadiran para alumni dan para tokoh yang hadir pada kegiatan puncak IAIN Palopo, pencerahan-pencerahan yang diberikan menjadi masukan buat pihaknya untuk lebih berkembang kedepannya. Adapun kegiatan menjadi refleksi bersama akan pencapaian IAIN Palopo selama ini. Kegiatan ini pula menjadi wadah bagi para alumni untuk bersilaturahim tentunya.

Sementara itu Ketua Panitia, Dra Nursyamsi Nuhung, MA kepada Palopo Pos, mengungkapkan, untuk peringatan Milad ke-50 ini melibatkan seluruh civitas akademika IAIN Palopo baik senat mahasiswa, Dewan Mahasiswa maupun UKM. Bahkan rencananya tokoh-tokoh yang mengiringi perjuangan sejak masa STAIN dan IAIN akan dihadirkan.

Pada peringatan milad kali ini, kata dia lebih menekankan pada dua hal, yakni intropeksi dan proyeksi. Intropeksi dalam artian evaluasi atas torehan yang telah dicapai IAIN Palopo setelah 50 tahun berdiri. Kemudian proyeksi, yakni tentang strategi IAIN Palopo kedepan mencapai pengakuan nasional dan internasional yang bertemakan “Terkemuka dalam Integrasi Keilmuan Berciri Kearifan Lokal.”

Kegiatan ini bertujuan merefleksikan perjuangan IAIN Palopo di usia yang ke-50 dalam berkiprah memajukan umat dan bangsa. Ini juga sebagai bentuk rasa syukur dan nikmat atas eksistensi IAIN Palopo yang telah mengalami banyak perkembangan. Selain itu, memperkuat silaturahim antar alumni dan keluarga besar IAIN dan juga menggali segala potensi yang ada dalam meningkatkan daya dan upaya menuju cita-cita almamater.

Untuk diketahui mengiringi hari puncak kegiatan, IAIN Palopo menggelar sejumlah even sejak 30 April hingga 22 Juni 2018. Seperti kegiatan keolahragaan, lomba karya ilmiah, video kreatif profil program studi untuk semua HMPS, dan dihari puncak melakukan jalan sehat dan Focus Group Discussion (FGD) dengan mengundang seluruh alumni sejak angkatan pertama hingga terakhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *