Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo menjalin kerjasama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan mendirikan Galeri Investasi Syariah di Lantai II Gedung FEBI IAIN, Rabu 9 Mei 2018.

Adapun Galeri Investasi Syariah FEBI IAIN diproyeksikan sebagai wadah bagi mahasiswa dan masyarakat umum lainnya untuk mendapatkan edukasi terkait dengan pasar saham yang saat ini semakin dilirik oleh kaum muda di berbagai Kota Besar Indonesia.

Hadir pada kegiatan tersebut Rektor IAIN Palopo, Dr Abdul Pirol, M.Ag, Vice President Head of Regional Development BEI, Harry Prasetyo, Dekan FEBI IAIN Palopo, Dr Ramlah Mappile, MM, Head of Regional Business Development Phintracos Sekuritas, Andre Mahardika, serta civitas akademika IAIN Palopo.

Rektor IAIN Palopo, Dr Abdul Pirol, M.Ag ketika meresmikan Galeri Investasi Syariah FEBI IAIN serta membuka seminar Pasar Modal secara sekaligus di Auditorium IAIN Palopo, menyampaikan bahwa pihaknya menyambut baik kehadiran galeri ini sebagai wadah edukasi pasar saham bagi masyarakat dan civitas akademika.

Kedepannya, IAIN Palopo akan membangun gedung baru fakultas ekonomi islam yang nantinya di gedung baru tesebut akan dibangun juga galleri investasi syariah sebagai ikon dari fakultas ekonomi dan bisnis islam d IAIN Palopo.

“Saya berharap galeri investasi syariah di IAIN Palopo bisa berkontribusi positif terhadap civitas akademika dan masyarakat Palopo,” harapnya.
Sementara itu Vice President Head of Regional Development BEI, Harry Prasetyo menyampaikan bahwa saat ini investor yang bergabung di pasar saham mencapai 680 ribu peserta, 30 persen diantaranya adalah mahasiswa. Dirinya berharap dengan galeri ini mampu mendorong agar masyarakat serta mahasiswa ikut bergabung berinvestasi saham di pasar modal.

“Jadi masyarakat atau mahasiswa yang ingin berinvestasi saham di perusahaan-perusahan besar, ingin tahu caranya, nah bisa mendatangi Galeri Investasi Syariah FEBI IAIN, kita sudah siapkan fasilitas bagaimana caranya untuk bergabung, mulai dari medaftar, cara beli saham dan menjual saham, pokoknya lengkap,” terangnya, diamini Head of Regional Business Development Phintracos Sekuritas, Andre Mahardika.

Untuk diketahui kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan pengukuhan kelompok studi pasar modal syariah IAIN dengan menunjuk Ketua Prodi Perbankan Syariah, Zainuddin, SE, MM sebagai direktur yang nantinya menjadi penggerak galeri investasi syariah.(ich)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *