Untuk meningkatkan mutu penelitian para dosen, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo menggelar seminar proposal penelitian kompetitif dosen tahun 2018 di Aula Rektorat lantai III IAIN Palopo, 20 hingga 21 April 2018.

Ketua LP2M IAIN Palopo, Dr Kaharuddin kepada Palopo Pos, Jumat 20 April 2018 kemarin menyebutkan bahwa adapun seminar proposa penelitian ini menghadirkan 38 judul dengan 80 orang peneliti. Para peneliti ini menyampaikan proposal penelitian yang ditanggapi langsung oleh tim reviewer yang di SK-kan langsung oleh Kemenag RI.

“Mereka ini ada tiga orang, yakni akademisi IAIN Tulungagung, Dr Ngainun Ainun, M.Ag, akademisi Uin Makassar, Dr Wahyudian Halim, P.Hd, serta Kasubdit Penelitian dan Publikasi Ilmiah Kemenag RI, Dr Mahruz, M.Ag,” ungkapnya.

Dikatakannya, adapun kegiatan ini untuk lebih mendorong kemampuan para peneliti IAIN dalam menghasilkan karya ilmiah yang lebih bermutu. Dimana nantinya dapat diajukan pada jurnal nasional maupun internasional.

“Ini juga sebagai bagian dari tri darma perguruan tinggi bagi para dosen, selain mengajar juga melakukan penelitia-penelitian yang hasilnya dapat bermanfaat bagi orang banyak,” tambahnya.

Sementara itu Rektor IAIN Palopo, Dr Abdul Pirol, M.Ag menyampaikan bahwa agar para dosen mengikuti kegiatan secara seksama, apalagi kegiatan ini menghadirkan tim reviewer. Dimana proposal penelitian ini, diperiksa, dikoreksi apakah layak atau tidak mulai dari metodologi penilitian, akjian pustaka dan lainnya.(ich)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *