Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo bekerjasama Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Alaudiin Makassar (UINAM) menggelar seminar kesehatan di Auditorium Phinisi Sawerigading IAIN Palopo, Jumat 23 Februari 2018.

Adapun seminar kesehatan ini, yakni integrasi keilmuan yang bertemakan “Kanker Mulut; Perspektif Kesehatan, Institusi Agama dan Masyarakat yang dihadiri oleh para mahasiswa dan dosen IAIN Palopo serta Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar.

Rektor IAIN Palopo, Dr Abdul Pirol, MA saat membuka acara kegiatan menyampaikan bahwa pihaknya sangat berterimakasih kepada Fakultas Kedokteran UIN Alauddin Makassar yang mempercayakan IAIN Palopo sebagai mitra dalam mengkampayekan pentingnya menjaga kesehatan dan hubungan dengan agama.

Agama dan Kesehatan, kata dia saling berhubungan, ada yang berlawanan jika melanggar garis-garis yang ada dalam Islam. Ada pula yang saling mendukung seperi pengobatan yang dicontohkan di zaman Rasulullah yang memang sesuai dengan ilmu kesehatan.

“Yang pastinya agama sangat berpengaruh bagi kesehatan yaitu sebagai moral, sebagai sumber keilmuan, sebagai amal kesehatan,” sebut Pirol.
Sementara itu Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar, Dr dr A Armyn Nurdin, M.Sc mengungkapkan bahwa adapun kegiatan ini merupakan bentuk dari tri darma perguruan tinggi Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar, yakni pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Kegiatan pengabdian masyakat senantiasa mengambil tema integrasi ilmu kesehatan dan agama yang sesuai dengan visi FKIK UIN Alauddin yaitu menyelenggarakan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang merefleksikan
kemapanan integrasi antara nilai ajaran Islam dengan ilmu kedokteran dan kesehatan.

“Kita berusaha agra penerapan ilmu kedokteran melalui kegiatan pengabdian masyarakat menjadi sarana mengasah kepekaan sosial terhadap masalah-masalah kesehatan yang ada,” sebutnya.

Dengan kegiatan ini, kata dia,diharapkan memberikan manfaat bagi semua stakeholder yang terlibat khususnya dosen kedua institusi yang terlibat, mahasiswa, para guru, dan peserta yang terlibat, serta masyarakat dan institusi pada umumnya.(ich)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *