Cendekiawan muslim Indonesia, Prof Dr Azyumardi Azra, MA, CBE memberikan kuliah umum di hadapan mahasiswa Pascasarjana dan civitas akademik Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo membahas isu Kontemporer Pendidikan Islam : Multikulturalisme dan Moderasi Islam, di Aula Rektorat IAIN Palopo, Jumat Malam 27 Januari 2018.

Adapun acara tersebut dibuka langsung oleh Rektor IAIN Palopo, Dr Abdul Pirol, MA, dimana dalam sambutannya dirinya sangat berbahagia atas kehadiran tokoh muslim Indonesia, Prof Dr Azyumardi Azra, MA, CBE untuk berbagai pengetahuannya dengan para mahasiswa dan civitas.

“Saya berharap dari kuliah umum ini, ada banyak manfaat pengetahuan yang didapatkan,” katanya.

Cendekiawan Muslim Indonesia, Prof Dr Azyumardi Azra, MA, CBE dalam kuliah umumnya menyampaikan bahwa Indonesia mesti bangga dengan Islam Moderasi yang dijalankan saat ini. Hal inilah yang membuat keutuhan NKRI terus terjaga. Indonesia malah merupakan negarai penduduk muslim terbesar di dunia. Namun demikian tidak digelayuti perpecahan dan konflik agama seperti yang terjadi di Timur Tengah.

“Nah ini menjadi kebanggan tersendiri, bahkan negara-negara Islam dunia ingin belajar model Keislaman yang ada di Indonesia,” sebutnya.

Sementara itu, Direktur Pascasarjana IAIN Palopo, Dr Abbas Langaji, MA menyebutkan bahwa Prof Azyumardi Azra dikenal sebagai sebagai Profesor yang ahli sejarah, sosial dan intelektual Islam. Dengan keilmuan yang dimiliki tentunya akan memberikan khasanah pengetahuan yang lebih mendalam tentang keilmuan Islam itu sendiri dan juga pendekatan studi Islam dari berbagai bidang kelimuan.

Ditambahkan Abbas, di Pascasarjana IAIN Palopo sendiri. Untuk pengembangan akademik, pihaknya senantiasa menghadirkan pakar atau guru besar dari berbagai Perguruan Tinggi Agama Ternama. Yakni, seperti UIN Jakarta, UIN Malang, PTIQ Jakarta, Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri MAkassar, UIN Makassar, berbagai perguruan lainnya serta institusi negara.

“Kita usahakan setiap bulannya ada tokoh yang hadir berbagi pengetahuan dan pengalamannya kepada mahasiswa Pascasarjana,” sebutnya.

Untuk diketahui berdasarkan data di Wikipedia, Prof Dr Azyumardi Azra, MA, CBE lahir di Lubuk Alung, Padang Pariaman, Sumatera Barat. Dirinya merupakan adalah akademisi Muslim yang dikenal sebagai cendekiawan muslim. Di tahun 2010 dirinya memperoleh titel Commander of the Order of British Empire, sebuah gelar kehormatan dari Kerajaan Inggris yang diberikan langsung ratu Inggris.

Selain itu pula Ia juga merupakan orang Asia Tenggara pertama yang diangkat sebagai Professor Fellow di Universitas Melbourne, Australia pada tahun 2004 lalu. Dirinya juga pernah merintis karir sebagai jurnalis selama enam tahun, 1979 hingga 1985.(ich)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *